Mohon tunggu...
Randing RanteToding
Randing RanteToding Mohon Tunggu... Trust

Tak ada fakta. Yang ada hanya interpretasi.

Selanjutnya

Tutup

Musik

Musikalitas Manusia

31 Mei 2019   22:28 Diperbarui: 31 Mei 2019   22:34 0 0 0 Mohon Tunggu...
Musikalitas Manusia
dok. 123rf

Musik merupakan sifat universal yang dimiliki manusia. Musikalitas dapat didefinisikan sebagai kepekaan untuk merespons atau sensitivitas terhadap stimulus musikal. di dalamnya termasuk apresiasi dan pemahaman musik tetapi tanpa harus memiliki keterampilan memainkan alat musik. oleh karenanya, semua orang memiliki beberapa tingkatan musikalitas karena masing-masing orang memiliki cara berbeda dalam merespons musik sesuai dengan budayanya. 

Apa yang membuat seseorang menjadi unik dan bagaimana perilaku musikal bisa searah dengan keunikan tersebut? Apakah musik dari sifat kemanusiaan atau ada bukti yang mendukung bahwa musik adalah bagian yang melekat pada sifat manusia? Bila ada pertanyaan mengapa manusia itu unik dan berbeda dengan makhluk lain, makan dengan cepat jawabannya adalah: perbedaan selalu kontras dan tidak ada sama. lantas ada beberapa topik yang menjelaskan hubungan musik dan dengan sifat yang dimilki manusia:

Pertama, secara bilogis dengan jelas menjukkan adanya perbedaan anatomi dan kebebasan dari perilaku instingtif. potensi biologis, terutama sekali dari otak manusia yang membedakan manusia dengan hewan. Kedua, tingkat adaptabilitas yang tinggi membuat manusia menjadi unik. Ketiga, manusia merupakan satu-satunya makhluk yang menjalani evolusi kultural. Kultur adalah media yang membuat manusia secara berkesinambungan melakukan dkukan adaptasi dengan lingkungannya. Keempat, perilaku simbolik berupa bahasa verbal sebagai atribut kemanusiaan yang sangat khusus. 

Kelima, cinta yang menjadikan manusia memiki keinginan kuat untuk memberi dan menerima. Proses percintaan adalah sifat kritis bagi perkembangan dan pemeliharaan kepribadian yang sehat. Keenam, aktivitas bermain yang bukan hanya menyenangkan tetapi adalah bagian penting dari kehidupan manusia. permainan pada sebuah perayaan formal menduduki posisi penting dalam semua budaya. Ketuju, religi yang dibutuhkan oleh manusia untuk ibadah dan telah berakar sebagai perilaku yang universal. Kedelapan, teknologi yang sering disebut sebagai perkakas. Keberhasilan teknologi pada kenyataannya membuat manusia mampu menemukan kemajuan di hampir semua bidang yang digelutinya. Teknologi membuka cakrawala baru bagi manusia. Kesembilan, pengetahuan sebagai ihwal untuk memuaskan rasa ingin tahu manusia yang pada prinsipnya memang diciptakan untuk menjadi kreator. Kesepuluh, sensitivitas estetik yang dalam praktik rasa manusia sehari-hari selalu tampak melalui perhatian terhadap keindahan.

Kesepuluh topik di atas menunjukkan beberapa cara bahwa manusia itu unik adanya sehingga bila dikatakan musik memiliki peran signifikan dalam hidup manusia sebenarnya merupakan suatu hal yang sangat jelas. Musik bukan masalah yang terpisah, sepele, isu pinggiran dari manusia tetapi lebih dari itu, musikalitas adalah inti dari apa yang diartikan sebagai "menjadi" manusia.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x