Mohon tunggu...
Ramzy Muhammad Fadhil
Ramzy Muhammad Fadhil Mohon Tunggu... Be yourself

Be yourself

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandemi Covid-19 Tidak Menghalangi Pendidikan

22 November 2020   12:45 Diperbarui: 22 November 2020   12:53 50 1 0 Mohon Tunggu...

Nama : Ramzy Muhammad Fadhil
Kelas : XII MIPA 5

Pernyataan Pendapat

Saat ini indonesia sedang mengalami penurunan dalam sektor bidang perekonomian akibat nya banyak masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengatasi hidup mereka tingkat kemiskinan saat ini menjadi meningkat di bandingkan dengan fase sebelum nya. 

Hal ini di sebabkan karena terjadi nya virus yang mewabah hampir di seluruh dunia atau yang sudah kita kenal sebagai pandemi COVID 19, tak hanya di bidang perekonomian saja dalam sektor bidang pendidikan saat ini para pelajar baik mahasiswa atau pun para siswa-siswi tidak bisa mengikuti pembelajaran di sekolah atau di perkuliahan secara langsung. 

Maka dari itu banyak sekolah dan perkuliahan yang memutuskan untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara online. Hal ini terkait dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia yang menyarakan supaya melaksanakan sistem belajar secara online untuk mencegah penularannya dan menerapkannya dengan melaksanakan protokol kesehatan. 

Sekilas hal ini terlihat mudah, namun ternyata tidak semudah saat belajar di sekolah. Terdapat beberapa isu dan masalah yang terjadi selama proses belajar mengajar yang dilaksanakan secara daring.

Argumentasi

Di seluruh wilayah indonesia setiap sekolah sudah melaksanakan Sekolah secara online. Pelaksanakan kegiatan ini akan memiliki dampak yang berbeda dari sebelum nya dimana sebelum nya pembelajaran di laksanakan secara langsung di sekolah, tetapi saat ini di lakukan secara daring dirumah.

Walaupun seperti itu, sekolah online saat ini menuai banyak kontroversi di kalangan orang tua. Pasalnya hal ini memaksa semua orang tua untuk menyediakan sarana online yang memadai.

Termasuk kuota internet yang cukup serta gadget yang sesuai tentu saja tidak semua kalangan orang tua sanggup melaksanakan hal tersebut. Belum lagi tingkat disiplin anak yang menurun saat belajar di rumah. 

Hal ini karena kurang nya perhatian  tentu perlu menjadi perhatian dinas pendidikan setempat. Misalnya melalui penyediaan kuota internet belajar secara gratis, yang sedikit banyak membantu meringankan beban orang tua untuk membayar tagihan internet yang bertambah.

Penegasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN