Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 46 x winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, content writer, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Kementerian PUPR Mensosialisasikan Produk-produk Inovasi untuk Memberi Solusi

9 Desember 2015   22:45 Diperbarui: 9 Desember 2015   23:10 349 1 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Deskripsi : Balibang PUPR I Sumber Foto : http://litbang.pu.go.id/"][/caption]

 

Indonesia sebagai bangsa mendapatkan tantangan dan tuntutan pembangunan infrastruktur agar mampu menggerakkan ekonomi bangsa dan mensejahterakan masyarakat. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diberikan amanat untuk itu. Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) PUPR yang menjadi tulang punggung dalam bidang litbang di Kementerian PUPR dituntut untuk menciptakan produk-produk inovatif yang berpedoman pada empat hal, yaitu relevan (sesuai dengan kebutuhan), aplikatif (mudah dilaksanakan), inovatif (unsur terbarukan) dan kompetittif (bersaing dalam hal waktu, biaya dan mutu). Produk yang dihasilkan harus mengikuti perkembangan tehnologi terkini, dan diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya alam di masing-masing lokasi. Yang tidak banyak masyarakat tau bahwa Kementerian PUPR dengan Balitbang PUPR telah menghasilkan produk-produk inovatif.

Dalam rangka memperkenalkan dan mensosialisasikan inovasi produk -produk Balitbang PUPR, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementeria PUPR) mengadakan kegiatan Kompasiana Nangkring bertemakan “Hadirkan Solusi Seiring Inovasi”. Kegiatan temu blogger kompasiana dengan host Wardah Fadjri ini diadakan pada  hari Sabtu (5/12) di Gedung Heritage, Komplek Kemneterian PUPR - Jl.Patimura, Kebayoran Baru, Jakarta. Balitbang Kementerian PUPR bersama Kompasiana Nangkring selain bincang-bincang interaktif juga menyelenggarakan Soft Launching PINTU (Pusat Informasi Terpadu).

[caption caption="Deskripsi : Kompasiana Nangkring “Hadirkan Solusi Seiring Inovasi” I Sumber Foto : Andri M"]

[/caption]

Hadir dalam acara Kompasiana Nangkring kali ini Kepala Balitbang Arie Setiadi Nurwanto, Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum Bidang Hubungan Antar Lembaga Mirna Amin, Sesba Litbang Bernaldy dan Kepala Biro Komunikasi Publik Velix Wanggai. Tidak hanya itu sepertinya Kemen PUPR terlihat begitu serius dalam bincang-bincang interaktif ini dengan menurunkan para pakarnya yang turut menjadi nara sumber yaitu  Leonarda Ibnu Said Pemerhati lingkungan dan  Kepala Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman (DTKP) Kota Tangerang Selatan Dendy Priandana. Turut hadir pula Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, Badan Penelitian dan Pengembangan William Marcus Putuhena dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, Badan Penelitian dan Pengembangan Arief Sabaruddin.

Yang aku lihat begitu banyak pejabat dan pakar dihadirkan menunjukkan bahwa Kemen PUPR begitu serius mensosialisasikan produk-produk inovatif agar dapat diketahui oleh masyarakat dan pengguna produk. Kompasiana sebagai komunitas blogger bermassa besar mampu memberi efek viral yang memberi pengaruh dan informasi yang dapat dicerna  bagi pembacanya. Menurut ku ini hal yang sangat positif bagi Kementerian PUPR menggandeng para blogger khususnya blogger Kompasiana untuk menjembatani informasi program-program pemerintah atau produk-produk inovatif yang sudah dihasilkan Balitbang PUPR kepada masyarakat.

Masalah yang tengah terjadi saat ini dan masalah tersebut seperti tidak ada jawaban dan penyelesainnya yaitu sampah, banjir dan kemacetan. Diperlukan solusi untuk mendukung penanganan masalah tersebut, hal ini menjadi tantangan bagi Kementerian PUPR bagaimana produk-produk inovatif ini dapat diketahui oleh masyarakat dan mitra (Kementerian lain, lembaga pemerintah, pemerintah daerah, badan usaha, produsen, perguruan tinggi dan dunia industri) agar dapat di aplikasikan.

[caption caption="Deskripsi : Salah satu produk inovatif "Komposter" I Sumber Foto : Balibang PUPR"]

[/caption]

Sebagai pembuka dalam mensosialisasikan produk-produk inovasi Balitbang Kemen PUPR yang mampu menjadi solusi bagi masalah utama imasyarakat saat ini, Kepala Balitbang Arie Setiadi memberi pernyataan "Balitbang PUPR telah melaksanakan kegiatan Litbang untuk mendukung pembangunan infastruktur. Untuk mengatasi masalah utama yang dialami masyarakat saat ini yaitu sampah dan limbah rumah tangga, Balitbang telah menghadirkan produk Komposter dan Biofil". Komposter merupakan alat yang digunakan untuk mengolah sampah organik menjadi kompos sedangkan Biofil adalah Biological Filter Septic Tank yang terbuat bahan fiberglass, dilengkapi media kontak yang dirancang khusus dan system desinfektan yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga buangannya tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

Menyangkut masalah sampah dan limbah Arie Setiadi mengungkapkan , "Dengan alat saja tidak cukup untuk mengatasi masalah sampah yang kian menggunung. Tapi juga diperlukan peran masyarakat dalam mengangani sampah. Salah satunya dengan memilah sampah mulai dari lingkungan keluarga serta kegiatan 3 R yaitu Reduce, Reuse, Recycle". Tehnologi tidak akan berhasil apabila masyarakatnya tidak ikut serta membantu mesukseskannya. Yang acapkali terjadi ketika kita lihat di area publik yang tersedia tempat sampah dengan penggolongannya, tetap saja sampah tersebut bercampur. Aku sedikit heran, apakah karena masyarakat kita enggan untuk membaca atau memang tidak mau tau. Bahkan oknum pengumpul sampah pun ikut andil ketika sampah yang dikelompokkan berdasarkan jenis sampah tersebut diambil / dikumpulkan dicampur yang berujung kegagalan 3 R ( Reduce, Reuse, Recycle).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN