Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Travel

Sensasi Wisata Ekstreem di Aliran Sungai Cijulang

24 Juli 2021   12:21 Diperbarui: 24 Juli 2021   12:42 72 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sensasi Wisata Ekstreem di Aliran Sungai Cijulang
(Dokpri: Berdoa Sebelum Beraktivitas)

Hari sungai diperingati setiap tanggal 27 Juli. Sebagai wujud dukungan saya dalam rangka merayakan hari sungai di Indonesia, saya akan mengisahkan kembali petualangan saya dengan mengenang tentang kegiatan wisata extrem di aliran sungai Cijulang.

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia yang begitu banyak memiliki objek wisata alam. Salah satu objek wisata alam yang menjadi andalan adalah "Body Rafting Guha Bau". Guha Bau berlokasi di Desa Wisata Kertayasa, tepatnya dusun paci, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Lebih dikenal dengan nama Green Canyon (Cukang Taneuh) sekitar 30 km dari Pantai Pangandaran.

Konon dinamakan guha bau karena bau kotoran kelelawar yang menghuni guha tersebut dengan jumlah ribuan bahkan lebih. Kelelawar tersebut biasanya keluar di sore hari menjelang pukul 18.00. Panjang guha tersebut kira-kira 200 meter,dan guha tersebut buntu.

"Body Rafting Guha Bau" merupakan suatu kegiatan tantangan alam berupa arung jeram tanpa perahu. Media badan sebagai sarana untuk mengarungi jeram dengan menggunakan perlengkapan komplit. Perlengkapan yang digunakan antara lain pelampung (live jaket), helmet, deker (pengaman kaki) dan sandal gunung.

Diselenggarakan di aliran sungai Cijulang. Body Rafting adalah aktivitas perorangan dalam pengarungan sungai. Akan lebih seru jika dilakukan dengan rombongan lebih besar daripada dengan sedikit orang.

1. Penunjang wisata sungai

(Dokpri: Aliran Sungai Cijulang)
(Dokpri: Aliran Sungai Cijulang)
"Body Rafting Guha Bau" adalah kegiatan yang dikembangkan sebagai salah satu penunjang dari wisata sungai. "Body Rafting Guha Bau" ini didirikan pada tahun 2009 sebagai wisata alternatif di green canyon. 

Harga paket body rafting green canyon kini lebih murah dan dengan mudah bisa didapatkan. Peserta bisa memilih paket pilihan yang disediakan dengan fasilitas dan pelayanan yang terbaik.

Paket hemat (harga paket 180 ribu/orang) jarak yang ditempuh 5 Km dengan durasi 2-3 jam, dapat 1 kali makan siang dan jumlah peserta minimal 5 orang. Paket standar (harga paket 220 ribu/orang) jarak yang ditempuh 10 Km dengan durasi 4-5 jam, dapat 1 kali makan siang dan jumlah peserta minimal 5 orang. Paket lengkap (harga paket 235 ribu/orang) jarak yang ditempuh 10 Km dengan durasi 4-5 jam, dapat 1 kali makan siang dan kelapa muda, dokumentasi dan jumlah peserta minimal 5 orang. Kegiatan wisata lain adalah arung jeram, camping ground, wisata mancing dan outbond.

2. Letaknya tepat di bibir sungai 

Peserta akan diantar ke bukit dengan mobil pick-up (bak terbuka). Setelah sampai di basecamp peserta akan dipersilahkan untuk istirahat sebentar untuk pengecekan ulang peralatan body rafting barangkali peralatan peserta ada yang longgar atau kurang nyaman. Di basecamp para peserta juga diperbolehkan untuk mengabadikan moment dengan berpoto bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN