Mohon tunggu...
Rahma Wati Putri Utami
Rahma Wati Putri Utami Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Petualangan Seru TK Islam Nurul Falah Menelusuri Alam Mencari Harta Karun

7 Oktober 2025   15:05 Diperbarui: 7 Oktober 2025   21:26 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto kegiatan implementasi "Petualangan Menelusuri Alam Mencari Harta Karun" (Sumber: dokumentasi pribadi)

Beberapa siswa di kelas A2 TK Islam Nurul Falah masih mengalami kesulitan dalam hal fokus dan konsentrasi saat mengikuti kegiatan belajar. Selain itu, kemampuan koordinasi motorik halus, literasi, dan numerasi mereka juga perlu terus dikembangkan melalui kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. Berdasarkan hal tersebut, saya mencoba menghadiri sebuah media pembelajaran yang berjudul "Petualangan Menelusuri Alam Mencari Harta Karun" sebagai sarana pembelajaran yang menggabungkan unsur eksplorasi, bermain, dan belajar aktif.

Aktivitas
Pada hari yang cerah, siswa-siswi kelas A2 TK Islam Nurul Falah tampak antusias mengikuti kegiatan "Petualangan Menelusuri Alam Mencari Harta Karun". Dengan semangat seperti penjelajah kecil, mereka berkeliling area bermain sambil mencari peti harta karun yang tersembunyi. Peti tersebut berisi berbagai permainan edukatif yang dirancang untuk melatih fokus, ketelitian, serta keterampilan motorik halus anak.

Tantangan dimulai

Di dalam peti harta karun, anak-anak menemukan beberapa tantangan menarik. Tantangan pertama adalah memasang tali sepatu, yang melatih koordinasi tangan dan konsentrasi. Selanjutnya, mereka menyusun duri ikan dari sedotan dan kapas (cotton bud) sesuai warna untuk melatih ketelitian dan kemampuan mencocokkan warna.

Permainan berikutnya, "Bantu Hewan Menemukan Tubuhnya", membuat anak-anak tertawa riang saat mereka memasangkan kepala hewan dengan penjepit kertas ke tubuh yang sesuai. Kegiatan ini membantu mereka mengenali bentuk dan bagian tubuh hewan sekaligus mengasah konsentrasi dan  motorik halus.

Dalam tantangan "Menghitung Jari Sayuran", anak-anak belajar berhitung sambil bermain dengan sarung tangan plastik berisi miniatur sayur-sayuran. Setiap jari memiliki warna dan jumlah yang harus dicocokkan dengan warna miniatur sayur-sayuran, membantu anak dalam mengenal angka serta warna secara konkret.

Tak kalah menarik, permainan terakhir yaitu "Kartu Lingkungan Alam Sekitar" berupa flash card dengan gambar alam seperti sawah, kebun, gunung, hutan, dan pantai. Anak-anak menebalkan huruf pada titik-titik kata di bawah gambar, kemudian menceritakan kembali gambar tersebut dengan bahasanya sendiri. Kegiatan ini memperkuat kemampuan literasi, pengenalan lingkungan, serta rasa kepercayaan diri anak dalam berbicara di depan teman-temannya.

Harta karun ditemukan

Setelah menyelesaikan semua tantangan yang ada di peta harta karun, anak-anak pun berhasil menemukan harta karun sesungguhnya, yaitu sebuah peti berisi aneka buah-buahan segar sebagai hadiah. Wajah mereka tampak berseri-seri saat menerima harta karun tersebut, karena mereka telah berusaha dan menyelesaikan setiap tantangan dengan baik.

Apresiasi guru dan antusias anak

Antusiasme anak-anak terlihat dari semangat mereka dalam menyelesaikan setiap permainan, saling membantu teman, dan tidak mudah menyerah meskipun beberapa tantangan terasa sulit. Guru pun memberikan apresiasi dan pujian kepada setiap anak atas kerja keras, ketekunan, serta keberanian mereka dalam mengikuti petualangan hari itu. Kegiatan ini menjadi momen penuh makna yang mempererat hubungan antara guru dan siswa melalui keceriaan dan rasa bangga bersama.

Harapan
Kegiatan "Petualangan Menelusuri Alam Mencari Harta Karun" tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, tetapi juga membantu anak-anak kelas A2 TK Islam Nurul Falah mengembangkan fokus, koordinasi motorik halus, serta kemampuan literasi dan numerasi secara terpadu. Melalui kegiatan berbasis permainan dan eksplorasi ini, anak-anak belajar dengan cara yang paling mereka sukai melalui bermain, berimajinasi, dan bereksplorasi.

Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak semakin termotivasi untuk belajar dengan gembira, berani mencoba hal baru, dan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, serta penuh rasa ingin tahu. Seperti harta karun yang berharga, setiap pengalaman belajar mereka adalah langkah kecil menuju masa depan yang gemilang.

Penulis : Rahma Wati Putri Utami

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun