Mohon tunggu...
Rahma Prameswari
Rahma Prameswari Mohon Tunggu... haloo! selamat membaca :)

haloo! selamat membaca :)

Selanjutnya

Tutup

Travel

Menikmati Udara Sejuk Sambil Berwisata Air di Telaga Ngebel

17 April 2021   01:06 Diperbarui: 17 April 2021   01:25 100 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Udara Sejuk Sambil Berwisata Air di Telaga Ngebel
Salah satu wahana air yang memacu adrenalin di Telaga Ngebel. Foto: TravelsPromo/Munip Prayogo

Telaga Ngebel merupakan salah satu destinasi wisata alam terpopuler yang terletak di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. 

Wisata ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi pecinta alam maupun seseorang yang ingin beristirahat sejenak dari keramaian dan hiruk pikuk perkotaan. 

Telaga Ngebel memiliki luas sekitar 5 kilometer dan berada di bawah kaki Gunung Wilis. Maka tak heran apabila Telaga Ngebel memiliki suhu antara 20"C sampai 26"C sehingga udara di sekitarnya terasa sejuk terutama saat pagi hari sebelum matahari terbit. Telaga ini dahulunya terbentuk secara alami karena adanya air yang berasal dari sumber air Kanal Santen dan Air Terjun Toyomarto

Pada libur akhir pekan atau libur nasional, Telaga Ngebel selalu ramai didatangi pengujung lokal maupun dari luar kota. Ada yang sekedar berolahraga di pagi atau sore hari hingga menghabiskan waktu bersama keluarga di area tepian danau dengan menikmati pemandangan pohon yang rindang dan udara sejuk.

Akses jalan menuju tempat wisata Telaga Ngebel termasuk mudah untuk ditempuh. Terdapat dua akses jalan alternatif yaitu dari arah Madiun melalui wilayah Dolopo dan dari arah Ponorogo melalui wilayah Jenangan. Apabila ingin menuju Telaga Ngebel melalui akses jalan dari arah Ponorogo maka akan membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit untuk sampai di lokasi. 

Tarif tiket masuk yang ditawarkan juga sangat terjangkau yakni harga 10 ribu rupiah pada saat weekday dan 15 ribu rupiah pada saat weekend untuk satu orang pengunjung. Dengan membeli satu tiket masuk, pengunjung dapat bebas memilih aktivitas yang ingin dilakukan dengan memanfaatkan keindahan alam dan fasilitas umum yang telah disediakan oleh pengelola. Beberapa fasilitas umum yang disediakan antara lain yang pertama ada kuda tunggang dimana pengunjung dapat menyewa dan menaiki kuda didampingi oleh penjaga kuda untuk dibawa berkeliling ke area sekitar danau yang telah ditentukan. 

Yang kedua ada bendi atau delman yang hampir sama dengan kuda tunggang, hanya saja delman bisa dinaiki oleh 4-5 orang sekaligus. Yang ketiga ada bus air yang akan membawa penumpang dengan jumlah yang relatif banyak untuk berkeliling danau. 

Yang keempat ada speed boat yang cocok bagi pengunjung yang menyukai wahana menantang dan memacu adrenalin. Untuk speed boat terdapat 3 kategori tarif berbeda yang akan disesuaikan dengan rute yang dipilih yakni rute speed boat melewati tengah danau dengan harga 60 ribu rupiah, melewati tepi danau dengan harga 110 ribu rupiah, dan 1 paket lengkap dengan harga 150 ribu rupiah dan dapat dinaiki oleh 4-6 orang. 

Yang kelima ada sepeda air yang memiliki beberapa variasi seperti bentuk bebek dan ikan yang menarik perhatian khususnya anak kecil. Sepeda air hanya mampu dinaiki oleh 2 orang dewasa saja dan mereka harus mengayuh sepeda air di area danau yang sudah ditentukan oleh pengelola untuk menjamin keselamatan pengunjung agar tidak mengayuh sepeda air terlalu jauh. Tak hanya wisata air, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas umum lainnya seperti wahana flying fox yang menawarkan sensasi meluncur di atas tepian danau. 

Apabila sedang berwisata, maka belum lengkap jika tidak mencoba aneka jenis kuliner yang ditawarkan di tempat wisata tersebut. Sebagian besar mata pencahariaan penduduk sekitar Telaga Ngebel merupakan perkebunan dan budidaya ikan tambak. Maka tak heran, di area sekitar danau dapat dengan mudah dijumpai warung makan yang menyedikan berbagai jenis ikan tambak yang kemudian diolah dengan cara digoreng maupun dibakar. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan favorit pengunjung ketika berada di Telaga Ngebel. Agar masakan tetap segar, pengunjung yang datang akan memilih dan memesan ikan yang diinginkan kemudian akan di masak. Sambil menunggu makanan matang, pengunjung harus menunggu sekitar 10 hingga 15 menit sembari menikmati pemandangan alam di sekitar danau. Setelah itu, makanan pun akan tersaji lengkap dengan nasi, ikan, sambal, dan lalapan. Selain itu bagi pengunjung penikmat buah durian maka wajib untuk menyempatkan waktu berlibur ke Telaga Ngebel. Di sini juga dapat menikmati buah durian yang memiliki rasa yang khas dan daging buah yang tebal dengan harga yang lebih murah khususnya pada saat musim durian yang jatuh pada bulan Desember hingga Maret.

Selain dilengkapi dengan berbagai macam wahana, pihak pengelola juga telah menyediakan fasilitas umum seperti lahan parkir yang luas baik untuk sepeda motor maupun mobil, toilet yang berada di beberapa titik keramaian, masjid, serta beberapa spot foto yang menarik dan instagramable. Selain itu juga telah di sediakan lapangan khusus untuk berkemah di bagian timur danau. Suasana di sekitar danau yang asri dan sejuk membuat opsi berkemah menjadi ramai dipilih pengunjung baik untuk umum maupun acara sekolah. Maka tak heran apabila Telaga Ngebel menjadi destinasi wisata yang dipilih ketika liburan oleh keluarga maupun rombongan dari lokal maupun luar daerah.

VIDEO PILIHAN