Mohon tunggu...
Rahmad Hidayat
Rahmad Hidayat Mohon Tunggu... Influencer | Marketing | Blogger

Selalu berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat bagi yang lain.. Admin : https://www.ahmaddzaki.id

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Ternyata Ini Alasan Orang Menikah di Bulan Syawal

8 Juni 2019   23:03 Diperbarui: 8 Juni 2019   23:22 617 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ternyata Ini Alasan Orang Menikah di Bulan Syawal
Sumber : pixabay.com

Sadar ngga sih kalau di bulan Syawal itu banyak orang yang menikah, terbukti dengan banyaknya undangan yang sampai kerumah kita. Pria wanita kelahiran 91, 92, 93, 94, dan 95 lah yang pada tahun ini banya yang sudah laku. Betul tidak?

Mungkin karena lelah ditanya kali ya pas lebaran kemarin, "mas kapan nikah?", "mba kapan nikah?". Dengan santainya menjawab, "habis lebaran buk". Alhamdulillah, akhirnya kenyataan.

Kayaknya bukan itu deh, masak iyaa persiapan nikahnya ngga sampai satu bulan ya kan. Terus mengapa dong banyak orang menikah di bulan syawal?

Jawabannya ya karena sudah pengen, pengen apa nih? Pengen nikah lah, sudah siap secara mental dan juga finansial. Ketika sudah siap, maka Allah mampukan untuk menikah.

Selain karena sudah siap, bulan Syawal adalah salah satu bulan yang baik untuk menikah. Bahkan termasuk sunnah karena dianjurkan dan dilakukan sendiri oleh Rasulullah SAW, jadi selain puasa syawal 6 hari, sunnah di bulan syawal adalah menikah.

Rasulullah Menikah di Bulan Syawal

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersama dengan 'Aisyah r.a. menikah di bulan Syawal. Dalam hadits ini juga menangkal bahwa tidak ada bulan pantangan untuk menikah seperti yang beredar di masyarakat.

Mempercayai bulan tertentu sebagai pantangan dalam menikah atau mempercayai akan terjadi hal buruk jika menikah pada bulan tertentu adalah perbuatan syirik yang harus kita hindari.

Berikut adalah haditnya :

Aisyah radiallahu ‘anha istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x