Mohon tunggu...
Rahel Maretha
Rahel Maretha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication

positive vibes✨

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Perjuangan Gadis Tuli yang Menyelamatkan Diri dari Pembunuh dalam "Midnight" (2021)

14 November 2021   02:19 Diperbarui: 14 November 2021   05:53 182 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salah satu scene dalam film Midnight (2021). Sumber: YouTube EonTalk

Suka film tentang pembunuhan atau thriller? Kalian harus nonton film Korea Selatan Midnight (2021)! Film ini menceritakan tentang seorang pembunuh berantai yang mengejar seorang gadis tuli, Kyung-Mi dan bagaimana usahanya untuk menyelamatkan diri. Benar-benar menegangkan!

Mengingat si gadis tak dapat mendengar dan berbicara, Ia harus selalu menggunakan bahasa isyarat dan alat bantu deteksi suara di sekitarnya untuk mengetahui keadaan sekitar. 

Bagian menegangkan adalah di saat dirinya berusaha menyelamatkan diri dari sang pembunuh di tengah keramaian, namun tidak ada seorang pun yang mau menolongnya karena si pembunuh mengaku dia adalah adiknya.

Perjuangan menegangkan Kyung-Mi untuk lari dari pembunuh dan mencari pertolongan ini akan kita coba analisis dari sisi psikoanalisisnya berdasarkan Id, Ego, dan Superego.

Psikoanalisis menggambarkan pikiran sebagai bagian sadar dan bawah sadar manusia. Bagian bawah sadar inilah yang merupakan sumber perasaan dan pikiran muncul. Perasaan, keinginan, dan pikiran juga dapat dibuang pergi karena suatu alasan, sehingga pikiran sadar atau ego kita tidak bisa menerimanya.

Psikologi berkaitan dengan diri sendiri dan hubungannya dengan dunia di luar. Secara umum, 'diri' dalam pandangan ini merupakan proses kognitif sadar. Salah satu bidang perhatian utama dalam psikologi adalah hubungan diri dengan orang lain.

Psikoanalisis oleh Sigmund Freud

Terdapat tiga hasil interaksi dalam kepribadian manusia menurut tokoh Sigmund Freud, yaitu Id, Ego dan Superego (Ryan, 2012, hal. 50-55).

  • Id bergerak berdasarkan prinsip kesenangan, ingin segera terpenuhi, dorongan biologis manusia atau hawa nafsu. Tidak memperhatikan akibat dari tindakan pemenuhan hasrat, sehingga memunculkan rasa cemas atau tegang bila hasrat tidak terpenuhi dan berpotensi merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Ego merupakan bagian diri kita yang "sadar" atau berkaitan dengan realita kehidupan yang nyata. Dengan caranya yang bisa diterima oleh sosial, seperti dengan penalaran dan pemahaman, ego berperan untuk memenuhi kemauan Id. Dapat menundukkan "hasrat" dengan melihat realitas yang ada.
  • Superego bertindak didasari dengan norma-norma sosial dan kultural, bersifat larangan, hukuman, dan evaluatif. Dapat memberi panduan bagi diri sendiri untuk bisa menilai dan menimbang tindakan manusia. Hal ini bisa diperoleh dari pendidikan orang tua, masyarakat, lingkungan, atau aspek di luar diri.

Latar Cerita Hanya Dalam Semalam

Midnight (2021) merupakan film dari Korea Selatan yang menceritakan tentang seorang gadis tuli, Kyung-Mi yang diperankan oleh Jin Ki Joo ketika sedang berjalan menuju Ibunya di jalanan kecil, sepi dan gelap di malam hari.

Poster film Midnight (2021). Sumber: IMDb
Poster film Midnight (2021). Sumber: IMDb

Tiba-tiba, Ia menemukan So Jung-eun (Kim Hye-yoon) yang sekarat dan minta pertolongan di gang kecil dan gelap, lalu Ia berusaha menolongnya dan ketahuan si pembunuh (Wi Ha Joon). Dari sinilah mulainya aksi kejar-kejaran menegangkan antara Kyung-Mi dan pembunuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan