Mohon tunggu...
Ganendra X
Ganendra X Mohon Tunggu... Jakarta Worker

Suka klayaban, demen nulis, kadang jepret2, kadang iseng ngeVlog / email: masrahab@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Blusukan ke "Danau di Atas Danau" dan Embung Petani

19 November 2018   15:36 Diperbarui: 20 November 2018   23:12 0 4 3 Mohon Tunggu...
Blusukan ke "Danau di Atas Danau" dan Embung Petani
Sidihoni, Danau di atas Danau Toba. (Foto Ganendra)

Ada embung di atas Danau Toba. Menuju ke lokasi, seru juga. Melintasi jalanan aspal lama, tanah, becek dan sedikit rusak. Maklum saja namanya juga jalanan di kampung, perbukitan. Namun jangan tanya pemandangannya. Hijau. Melewati sebuah danau dengan nama unik, "Danau di Atas Danau." Itulah Danau Sidihoni. Danau yang lokasinya di atas Danau Toba. Dikelilingi bukit landai berumput hijau dan pohon-pohon keras. 

"Itu dia danaunya," batinku. Danau yang diceritakan Mbak Tuti dari Bina Marga yang turut dalam rombongan.

Danau tak begitu luas. Permukaan airnya tenang. Di sela-sela rintik gerimis, saat aku dan rombongan Media Visit Danau Toba bareng rekan-rekan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melintasi Danau Sidihoni di Kecamatan Pangururan, Pulau Samosir, Sumatera Utara pada Jumat 9 November 2018 lalu.

Sayang tak sempat berhenti untuk melihat danau yang tersembunyi itu, soal keterbatasan waktu. Apalagi kondisi sedang rintik gerimis. Tujuan utamanya pun adalah mengunjungi embung di Pea Parsinagaan Kecamatan Ronggur Ni Huta, Kab. Samosir. Lokasinya lebih atas lagi.

Offroad menuju Embung. (Foto Henry Siagiaan/MI)
Offroad menuju Embung. (Foto Henry Siagiaan/MI)
Offroad menuju Embung. (Foto Henry Siagiaan/MI)
Offroad menuju Embung. (Foto Henry Siagiaan/MI)
Mini bus yang aku tumpangi bareng 12 teman media, berjalan perlahan. Jalanan tak bagus. Maklum jalanan di perbukitan. Lumayan juga kendaraan bergoyang kanan, kiri. Terkadang turun sedikit, dibalas menanjak yang lebih banyak, alias tinggi. Hehehe

Tak banyak nampak rumah warga. Sesekali saja ada satu, dua rumah terlihat. Eh banyak kerbau-kerbau yang sedang merumput. Hewan yang sudah teramat jarang kulihat di kampungku di Jawa. Soalnya lebih banyak hewan sapi yang diternak.

Kerbau, hewan ternak yang banyak terlihat. (Foto Henry Siagiaan/MI)
Kerbau, hewan ternak yang banyak terlihat. (Foto Henry Siagiaan/MI)
Ini jalan lokasinya di atas Danau Toba. Aku merasa inilah jalan perbukitan yang kulihat hari sebelumnya dari kejauhan sana. Bukit yang menaungi danau vulkanis, Danau Toba di sekelilingnya. 

Hmmm, mungkin itu yang membuat danau itu disebut Danau di Atas Danau Toba. Ya karena lokasinya memang di atas Danau Toba. Konon air danau itu sering berubah-ubah warnanya.

Embung Kehidupan untuk Petani

Lihat videogram ku ini. Ini Aku sedang di lokasi Embung Serbaguna Pea Parsinagaan, Kecamatan Ronggur Ni Huta, Samosir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x