Mohon tunggu...
ALDA NUR BAHTIAR
ALDA NUR BAHTIAR Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UMM

MAHASISWA UMM ANGKATAN 2021 JURUSAN PSIKOLOGI NIM : 202110230311144

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Apa Sih Overthinking Itu? Apakah Kalian Sedang Mengalaminya?

28 September 2021   18:04 Diperbarui: 28 September 2021   18:06 47 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apa Sih Overthinking Itu? Apakah Kalian Sedang Mengalaminya?
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

APASIH OVERTHINKING ITU???, APAKAH KALIAN SEDANG MENGALAMINYA......?

Pernah gak sih kalian mikirin suatu hal sampai ngebuat kepala kalian pusing, pernah dong ya pastinya.., apalagi dijaman dipandemi kayak gini pasti ada banyak hal yang membuat kepala kita pusing contohnya seperti kalau kalian keluar rumah dan lupa memakai masker double pasti kalian berpikir apakah nanti virus covid-19 akan menyerang saya ya, apakah saya akan sakit karena lupa memakai masker double, apakah nanti ketika pulang ke rumah saya akan membawa virus covid-19 dan menularkan ke keluarga dirumah.

Menurut Dedi (2021) dalam tulisannya yg dilansir dalam Merdeka.com.Tercatat, hingga sabtu (8/5) sebanyak 13.284.422 telah menerima vaksin dosis pertama atau berambah sebanyak 147.736 orang dibanding kemarin. Kemudian untuk penerima vaksin dosis keduanya bertambah sebesar 123.595 jiwa sehingga menjadi 8.583.854 orang.

Pemerintah mempunyai tarrget sebesar 40.349.049 orang agar mendapatkan vaksinasi Covid-19. Namun pada faktanya banyak masyarakat yang enggan untuk divaskin dengan berbagai alasan yang mereka punya.Lembaga survei Puspoll Indonesia melakukan survei mengenai alasan mereka kenapa enggan untuk divaksin. Dan hasilnya sebanyak 56,8% orang mengaku takut divaksin karena efek samping vaksinasi, kemudian 30,5 persen mengaku ragu terhadap tingkat ke efektivitas vaksin itu sendiri, sedangkan sebanyak 8,8 persen orang mengaku takut jika vaksin tersebut tidak halal dan terakhir sebanyak 3,9 persen lainnya mengaku tidak tahu dan tidak menjawab.

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa banyak masyarakat umum kita yang terlalu memikirkan dampak efek samping dari vaksin itu sendiri, padahal sebenarnya vaksin covid-19 ini bertujuan untuk menguatkan imun tubuh kita supaya tidak gampang terjangkit virus -19, dan sebenarnya efek samping yang ditimbulkan pun tidak begitu parah.

Jadi apasih overthingking itu sebenernya....

Overthinking merupakan sebuah kebiasaan dimana kita terus menerus memikirkan suata hal secara berlebihan sehingga membuat kita menjadi resah dan gundah karenanya, menurut (Theodorus,dkk.)  Overthinking ialah sebuah perilaku yang normal dialami oleh manusia, jika manusia itu terus menerus memikirkan apa yang difikirkannya secara berlebihan sehingga menghalangi proses kemajuan hidupnya.

Orang yang sedang mengalami fase overthinking biasanya selalu mikirin kejadian yang telah terjadi atau yang sudah terjadi. Hal ini terjadi karena rasa khawatir yang ada didalam dirinya telah menguasainya sehingga orang orang yang mengalami overthinking akan cenderung kurang bisa bersosialisasi karena kekhawatirannya.

Overthinking ini juga merupakan salah satu gangguan psikologis atau dalam bahasa asing yaitu psychological disorder. Kenapa bisa gitu?? karena overthinking ini bisa membuat penderitanya mengalami kecemasan yang berlebihan sehingga berdampak pada tubuhnya sendiri. Penyakit ini pun juga kerap disebut dengan paralysys analysys dimana penderita yang mengalami overthinking akan terus menerus tanpa henti untuk memikirkan masalahnya tanpa mereka bisa menyelesaikan masalah tersebut (Fakhir, 2019).

Tanda-tanda kamu sedang overthinking...

Kadang masalah yang sedang di alami seseorang berbeda tingkatannya tidak bisa disama ratakan, mereka punya porsinya masing-masing. Mulai dari memikirkan keuangan sekolah kemudia memikirkan tentang kapan datangnya jodoh dia memikirkan tentang bagaimana untuk makan besok. Nah dari kasus-kasus ini bisa jadi kamu sedang overthingking dengan masalah-masalah mu, dibawah ini saya akan berikan beberapa ciri-ciri yang menandakan jika seseorang sedang overthinking :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan