Mohon tunggu...
Ragil Siti Sholehah
Ragil Siti Sholehah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo. Saat ini saya mahasiswa tingkat 3 yang memiliki minat di ranah digital, teknologi, serta pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UPI Kampus Purwakarta Ikuti PMP2K untuk Meningkatkan Hardskill & Softskill dalam Dunia Kerja

7 Desember 2022   14:10 Diperbarui: 7 Desember 2022   14:19 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama Kepala Museum dan Mentor Magang. Dokpri

Mahasiswa semester 5 Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta program studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi mengampu mata kuliah praktik industri dengan bobot 2 sks. Kemudian koordinator praktik industri memberikan 3 pilihan dalam memilih program apa yang akan dilakukan oleh mahasiswa antara lain : Program Praktik Industri Reguler, Program Praktik Industri Magang, Serta Penelitian. 

Program praktik industri reguler diikuti oleh mahasiswa yang hanya ingin mengkonversi nilai mata kuliah praktik industri saja dengan durasi praktik industri minimal 40 hari kerja, jadi mahasiswa yang memilih reguler akan tetap mengikuti kelas perkuliahan seperti biasa selama 1 semester. Program praktik industri magang diikuti oleh mahasiswa yang ingin mengkonversi 20 sks dengan durasi magang minimal 90 hari kerja, mahasiswa yang memilih magang tidak mengikuti kelas perkuliahan. 

Saya Ragil Siti Sholehah dan rekan saya Kayla Nur Saffanah memilih program praktik industri magang. Pada awalnya kami mengajukan surat permohonan magang ke Kantor Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian - Kementerian Pertanian RI. Setelah itu kami diterima kemudian dtempatkan di UPT. Museum Tanah dan Pertanian - Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknlogi Pertanian. 

Selama menjalani program magang kami bertugas untuk membantu dalam membuat konten sosial media, membantu dalam melaksanakan pameran, serta membantu pengembangan website museum. Kami memiliki mentor yaitu Bapak Aji Widhi yang selalu membimbing kami dalam melakukan tugas serta beliau kerap kali berbagi pengalamannya. 

Dokumentasi Kunjungan Museum. Dokpri
Dokumentasi Kunjungan Museum. Dokpri

Museum Tanah dan Pertanian seringkali menjadi pilihan untuk melakukan kunjungan oleh banyak sekolah. Dari mulai tingkat Taman Kanak - Kanak (TK) sampai dengan tingkat Universitas. Museum Tanah dan Pertanian memiliki 4 Gedung yang dapat dikunjungi dimulai dari Gedung A berisi Galeri Tanah, Iklim dan Lingkungan Pertanian, Gedung B berisi ruang rapat serta penginapan, Gedung C berisi Galeri Pangan Peradaban, Galeri Kebijakan dan Komoditas, serta Gedung D berisi Galeri Peternakan dan Pertanian Masa Depan. 

Pameran Soils And Everyday Life. Dokpri
Pameran Soils And Everyday Life. Dokpri

Museum Tanah dan Pertanian sedang mengadakan pameran temporer yang bertemakan 'Soils And Everyday Life'. Pameran ini sudah dimulai sejak 20 juli 2022 dan akan berakhir dibulan Desember 2022. Saya dan rekan saya membantu pameran tersebut dengan menghasilkan desain - desain yang diperlukan untuk keperluan pameran seperti desain backdrop, desain caption, dan lain sebagainya. 

Saya merasa nyaman dan senang selama 90 hari kerja menjalani magang di Museum Tanah dan Pertanian karena lingkungan yang nyaman, rekan - rekan staff yang ada di Museum Tanah dan Pertanian juga ramah dan seringkali sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki khususnya mentor saya yaitu Pak Aji yang selalu sabar dalam membimbing saya dan kayla sehingga saya mendapatkan banyak sekali ilmu pengetahuan baru dalam bidang pemrograman dan lebih memahami lagi lingkup dunia kerja. Seringkali Pak Aji memberikan kalimat semangat dan penguatan seperti "Gapapa kok namanya juga belajar, teman - teman pasti bisa. semangat ya". 

Saya merasa program PMP2k (Program Mandiri Untuk Penguatan Profesional Keilmuan) ini banyak membawa manfaat, sangat cocok dan memudahkan mahasiswa untuk dapat belajar langsung pada industri/Perusahaan. Harapan saya semoga program PMP2k ataupun program linearnya dapat terus berjalan dan dirasakan oleh mahasiswa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun