Mohon tunggu...
Muhammad RafliHidayatulloh
Muhammad RafliHidayatulloh Mohon Tunggu... Lainnya - sedang mencari

"kehidupan memanglah sulit, tetaplah jalani dengan hati ikhlas, terus berusaha dan tawakkal, hadapi dan coba untuk yang terbaik"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Memahami Macam-macam Gaya Kepemimpinan yang Terdapat pada Setiap Pemimpin

30 November 2021   12:47 Diperbarui: 30 November 2021   13:06 36 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: www.linovhr.com

Dalam suatu industri atau organisasi, peran dari seorang pemimpin sangatlah penting guna mencapai suatu tujuan organisasi. Dan tentunya seorang pemimpin harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik agar mereka para pemimpin dapat membina dan mengarahkan para bawahan mereka sesuai dengan strategi yang telah dirancang atau dibuat untuk mencapai tujuan bersama. 

Metode kepemimpinan dapat terbilang efektif apabila seorang pemimpin mampu untuk mengomunikasikan suatu gagasan secara efektif kepada orang lain atau bawahan dengan cara melibatkan mereka dalam suatu rancangan atau strategi dan kemudian bertindak sesuai dengan yang pemimpin mereka inginkan. 

Selain itu seorang pemimpin harus bisa menginspirasi serta mengarahkan mereka para bawahan agar mereka dapat bertindak sesuai dengan perintah yang diberikan oleh seorang pemimpin.

Apa saja macam-macam gaya kepemimpinan?

Setiap pemimpin pastinya memiliki gaya kepemimpinan mereka tersendiri, mereka bisa bertindak sesuai dengan karakter pribadi mereka masing-masing saat mengarahkan, membimbing, mengelola dan memotivasi sekelompok orang.  

Dan para peneliti rupanya juga telah mengembangkan teori mengenai macam-macam gaya kepemimpinan seseorang dalam memimpin yang mana hal ini dapat memberikan informasi bagi kita serta memungkinkan kita untuk dapat mengidentifikasi dan memahami gaya kepemimpinan yang berbeda-beda dari setiap orang dalam memimpin.

1. Gaya kepemimpinan birokrasi

Yang pertama yaitu gaya kepemimpianan birokrasi, yaitu dimana seorang pemimpin bertindak tidak hanya sekedar menjalankan tugasnya sebagai atasan, tapi mereka yang menerapkan gaya kepemimpinan ini juga harus bisa memastikan bahwa para bawahan mereka dapat mematuhi aturan yang telah dibuat atau disepakati. 

Dan menurut beberapa orang gaya kepemimpinan birokrasi ini cukup efektif untuk meninjau hasil kerja rutin dari para karyawan karena apabila ditemukan karyawan atau bawahan yang menunjukkan kinerja nya kurang baik, maka seorang pemimpin atau atasan dapat segera mengambil tindakan.

2. Gaya kepemimpinan otokratis

Gaya kepemimpinan ini merupakan gaya kepemimpinan yang memberikan kekuasaaan penuh pada pemimpin, sehingga apapun keputusan yang diputuskan oleh seorang pemimpin semuanya bersifat mutlak, yang artinya segala keputusan tersebut tidak bisa diubah atau diganggu gugat, dan orang-orang yang menjadi anggota kepemimpinan tersebut tidak diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan