Seperti yang kita tahu, Ekonomi kreatif merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang berdasarkan pada kreativitas, keterampilan dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomi dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat juga perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia yang kerap disebut sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional.
Agar bisa menjadi pelaku utama ekonomi kreatif maka generasi muda harus memilki berbagai macam kemampuan, kreativitas dan inovatif. Generasi muda harus mengasah daya nalar dan kreativitasnya supaya nantinya berbagai konsepsi terkait peningkatan ekonomi UKM bisa diberdayakan masyarakat.
Di era modern ini sangat banyak generasi muda menjadi penggerak bagi era ekonomi kreatif. Generasi ini mempercayai bahwa mereka merupakan penggerak era ekonomi, apa yang mereka sukai, entah itu sebagai bisnis dan juga harus mempunyai inovasi atau ide-ide baru yang belum ada saat ini dan ide-ide tersebut harus kreatif, inovatif dan juga sangat unik.Â
Dengan melihat perkembangan yang sudah modern ini sangat membantu bagi generasi muda jaman sekarang. Mereka bisa menemukan cara tersendiri untuk terhubung dengan koneksi yang ada seperti jaringan internet misalnya, instagram, twitter, pinterest, tiktok dan sebagainya. Apabila generasi muda Indonesia saat ini setengahnya terjun ke industri kreatif, turut membuat sebuah inovasi dengan ide-ide baru mereka, entah berapa banyak pengangguran yang terselamatkan di negara Indonesia ini, mereka  bisa meningkatkan nilai ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Generasi muda merupakan pemegang tongkat estafet kepemimpinan dimasa depan dan harapan bangsa. Mereka adalah anak bangsa yang memiliki potensi idealisme untuk mewujudkan Indonesia unggul. Generasi muda masa kini juga biasanya mempunyai pemikiran out of the box dan kreativitas yang tinggi dan mudah menjangkau segala informasi melalui internet dan mempunyai peluang besar untuk terlibat dalam ekonomi kreatif bangsa.
Generasi muda atau bisa disebut Gen-Z saat ini mempunyai peluang yang besar untuk  terlibat dalam ekonomi kreatif dikarena keseharian mereka yang terus berhubungan dengan internet, maka sangat dibutuhkan sebuah keterampilan bagaimana mengolah informasi itu menjadi sebuah kreativitas.
Peran saya sebagai mahasiswi juga sangat penting, karena pemerintah mengharapkan setelah lulus dari perguruan tinggi para mahasiswa di seluruh Indonesia dapat dan mampu mengembangkan wirausaha sebagai upaya untuk membuka peluang lapangan kerja baru. Upaya ini juga dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI