Mohon tunggu...
Rafif Nabil
Rafif Nabil Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bachelor of Law, 24th, Laki-Laki

Selanjutnya

Tutup

Bola

5 Harapan Terkait Pelaksanaan Liga 1 Sepak Bola Indonesia 2019

19 April 2019   11:07 Diperbarui: 19 April 2019   11:30 0 2 0 Mohon Tunggu...
5 Harapan Terkait Pelaksanaan Liga 1 Sepak Bola Indonesia 2019
Sumber: Kompas.com


Kompetisi Sepak bola Indonesia kurang lebih 1 bulan lagi diagendakan akan segera terlaksana. Jutaan mata pendukung setia klub-klub sepak bola tanah air pastinya mengharapkan tahun ini berjalan dengan baik, karena jika liganya berjalan baik akan memberikan efek yang baik juga untuk timnas Indonesia. Berikut 5 harapan penulis selaku penikmat sepak bola tanah air terkait pelaksanaan liga 1 2019:

1. Jadwal Kompetisi yang Tidak Bentrok dengan FIFA Match Day

Besar harapan dari pecinta sepak bola tanah air ingin rasanya liga yang ada di Indonesia bisa profesional seperti liga-liga top eropa. Dimana jadwal liga pasti berhenti sejenak alias rehat saat kalender FIFA Match Day. 

Sehingga pemain yang dipanggil Timnas terutama timnas senior bisa bermain dengan fokus dan pihak klub pun pastinya senang. Semoga saja di federasi ataupun operator mampu menyusun jadwal pertandingan liga 1 2019 dengan merehatkan kompetisi saat kalender FIFA Match Day.

2. Wasit Memimpin Pertandingan dengan Fair Play dan Tegas

Isu wasit di liga sepak bola tanah air sangat krusial, apalagi kalau sampai wasit dalam memimpin pertandingan salah mengambil keputusan, bahkan tidak berani tegas saat mengeluarkan keputusan yang sesuai rule of law saat berada di home base tuan rumah klub. 

Teriakan Supporter pasti akan dilakukan bila wasit dianggap kurang puas dalam memimpin. Tentunya penilaian kurang puas tersebut sangat subjektif, karena setiap orang punya sudut pandang berbeda apalagi soal mendukung klub sepak bola kebanggaan.

VAR yang menjadi harapan, nampaknya belum bisa diwujudkan dalam pelaksanaan kali ini. Maka dari itu seleksi wasit-wasit terbaik tanah air yang berlisensi FIFA harus segera diwujudkan. 

Selain itu kesejahteraan wasit harus juga mendapat bayaran yang profesional karena Tupoksinya menegakan aturan dalam pertandingan sepak bola. Agar tidak ada saling curiga dimata seluruh insan sepak bola tanah air, maka penunjukan wasit dalam memimpin pertandingan harus dipublikasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2