Mohon tunggu...
Rafi Abdillah
Rafi Abdillah Mohon Tunggu... Mahasiswa Binus Online University dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember | Exploring Copywriting dan Digital Marketing | Travel Enthusiast

Mahasiswa yang memiliki ketertarikan di dunia Copywriting dan Digital Marketing. Selalu mencari kesempatan untuk eksplore tanah air sendiri dan menyebarkan melalui tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Mengenal Dunia Copywriting : Bukan Sekedar Tulisan, Ini Bentuk Komunikasi

21 Mei 2025   20:58 Diperbarui: 21 Mei 2025   20:58 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Quotes tentang Copywriting (Sumber : Materi Bootcamp DigitalSkola))

Kita mulai pembahasan ini dari kutipan yang paling aku suka pada pembelajaran ku kali ini : 

"Copywriter is just a title. Writing is just a tool. Text is just one form. What we truly do is COMMUNICATE".

Dan ayo kita kulik maksud dari kutipan ini.

Mungkin kalian sudah mulai sering mendengar kata "Copywriter". Copywriter adalah seseorang yang menulis teks untuk iklan atau materi publikasi. Copywriter hanya asal nulis yang penting buat iklan, tapi mereka harus bisa mengubah informasi yang "ngiklan" jadi sesuatu yang menarik, engaging, dan tentunya membuat orang mau melakukan suatu tindakan tertentu.

What do they do?

Secara sederhana, seorang copywriter umumnya menulis suatu copy untuk postingan dan caption di media sosial. Namun sebenarnya lingkup kerja mereka bukan itu saja, mereka biasa juga terlibat dalam pembuatan social media content planning, key visual, naskah untuk iklan di TV dan radio, dan project besar seperti pembuatan naskah film atau webseries dan juga campaign. Dari semua pekerjaan tersebut, ada 3 tugas utama sebagai copywriter yaitu : 

  1. Menyampaikan informasi yang boring, panjang, dan padat menjadi sesuatu yang lebih menarik.

  2. Membuat iklan yang related dengan kita sendiri dan pastinya sesuai dengan target audiens agar audiens merasakan hubungan secara emosional dengan brand.

  3. Membuat copy yang engaging dan bukan hanya click bait.

Kalau digabungkan menjadi satu kalimat, tugas utama copywriter adalah bisa menyampaikan pesan dengan cara yang simple tapi bikin nempel di kepala audiens hanya dalam hitungan detik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun