Mohon tunggu...
Radityo Ardi
Radityo Ardi Mohon Tunggu... Lainnya - Cuma manusia biasa, banyak salahnya. Gimana donk?

Lewat 7 tahun lebih tinggal di Singapura. Banyak pelajaran, masih banyak juga yang harus dipelajari dari negeri yang disebut titik merah di peta oleh Habibie. Blog lainnya di https://mas-rdz.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Begini Strategi Jitu Memastikan Kiriman Paketmu Pasti Sampai ke Alamat

12 Oktober 2021   18:37 Diperbarui: 12 Oktober 2021   18:50 80 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kotak Pos (Sumber: Pixabay.com)

Beberapa waktu lalu, saya pernah menuliskan bagaimana seharusnya pemerintah Indonesia menciptakan kode pos yang lebih mudah digunakan dan tidak akan lekang oleh waktu meskipun banyak RT, RW, kecamatan atau kelurahan yang terpecah sebagai akibat naiknya jumlah penduduk Indonesia seiring dengan berjalannya waktu. 

Daripada menunggu pemerintah Indonesia merencanakan ini, yang (bahkan bisa jadi harapan kosong) tidak akan terjadi dalam waktu dekat, ada satu trik jitu yang bisa digunakan sekarang.

Sebelumnya, beberapa data menarik yang mendukung strategi ini adalah sebuah fakta bahwa 91% pasar sistem operasi telepon pintar di Indonesia dikuasai Android. Sisanya tentu sistem operasi lainnya seperti Apple iOS, Blackberry, dan lain-lainnya.

Sumber: Statista.com (Indonesia: mobile operating system market share 2019 | Statista)
Sumber: Statista.com (Indonesia: mobile operating system market share 2019 | Statista)

Bagaimana jika hanya dengan 8 karakter kombinasi angka dan huruf ditambah nama kota saja, apa pun paketnya dijamin sampai? Saya perkenalkan dengan teknologi yang bisa dibilang "kuno" dan sebenarnya sudah ada di telepon genggam kalian sekarang, Google Plus Codes. Lho, kok? Ya, karena pangsa pasar 91% dikuasai Android, Google Plus Codes sudah ada tertanam di handphone Android kalian.

Dilansir di websitenya, Google Plus Codes sama seperti alamat untuk orang atau tempat yang tidak punya alamat jelas. Plus Codes pada dasarnya adalah kombinasi angka dan huruf yang dikonversi menjadi derajat longitude dan latitude bumi yang bisa dipastikan akurat.

Sumber: maps.google.com
Sumber: maps.google.com

Misalkan kalian tinggal di ujung pantai yang bahkan tidak ada nomor rumah sekalipun, kalian bisa tulis alamat seperti berikut ini.

WC8Q+H6F, Tanjungpinang, Indonesia

Coba deh, salin alamat tersebut lalu buka Google Maps dan tempel di kotak alamatnya, pasti mengarah ke 1 rumah di ujung pantai di Tanjungpinang secara akurat. Bagusnya lagi, si pencari alamat bisa buka fungsi Direction sehingga bisa dipetakan jalan tercepat menuju rumah tersebut.

Fungsi seperti ini tentu memudahkan untuk logistik, baik dari Pos Indonesia ataupun jika kalian mau belanja online. Tetapi, tentu ada berbagai tambahan yang harus tetap dipatuhi. Kalian tetap harus mencantumkan alamat asli kalian sebagai referensi, supaya tidak membingungkan.

Suriyadi Horscht
Jl. Raya Dompak, Batu IX
Kota Tanjung Pinang, Kep. Riau
Indonesia 29124
Google Maps: VFQM+7X7, Tanjungpinang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan