Mohon tunggu...
Raditya Anugrah
Raditya Anugrah Mohon Tunggu... Pramusaji - Karyawan dan Penulis Lepas

Introvert penggemar Anime dan Tokusatsu yang suka menulis hal random

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Rekomendasi Pakan yang Baik untuk Ikan Channa agar Ikan Sehat dan Lincah

20 Oktober 2022   08:35 Diperbarui: 20 Oktober 2022   08:50 354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ikan Channa jadi ikan hias yang paling banyak peminatnya. Salah satu alasannya karena ikan ini memiliki bentuk dan warna yang indah untuk dipandang. Kepopulerannya bahkan sampai membuat orang rela mengeluarkan biaya besar demi mendapatkan ikan satu ini. Seperti kebanyakan ikan, perawatan ikan Channa harus benar-benar diperhatikan.

Mulai dari penempatannya, kebersihannya, hingga makanannya harus rutin diperiksa setiap hari. Hal ini juga bertujuan agar ikan Channa yang kita pelihara bisa tetap sehat dan lincah

Ngomongin soal makanan nih, biasanya ikan diberikan makan berupa pelet khusus ikan yang berbentuk kecil. Tapi, selain diberikan pelet, ikan Channa ini harus diberikan asupan pakan yang lebih berbobot agar ikan ini bisa terlihat lebih sehat dan bersemangat.

Yaa, istilahnya kayak dikasih vitamin tambahan gitu. Berikut ada beberapa rekomendasi pakan yang bisa diberikan untuk ikan Channa agar ikan terlihat lebih lincah dan gesit.

1. Cacing Sutra

Sumber: Minapoli
Sumber: Minapoli

Cacing Sutra menjadi pakan yang baik untuk beberapa ikan hias, salah satunya ikan Channa. Cacing ini sangat baik diberikan untuk ikan Channa, karena cacing ini mengandung protein, serat, dan nutrisi yang baik bagi ikan. Kandungan serat dan nutrisinya sangat baik bagi Channa, karena dapat membuat pencernaan ikan menjadi lancar dan bersih.

2. Cacing Tanah

Sumber: Alodokter
Sumber: Alodokter

Masih berhubungan dengan cacing, kali ini ada cacing tanah yang bisa dijadikan sebagai pakan ikan Channa. Cacing tanah ini jadi pakan yang sangat direkomendasikan untuk ikan Channa, karena cacing ini bermanfaat untuk pemulihan tubuh ikan dengan cepat dari luka atau sakit. Pakan satu ini lebih cocok diberikan saat tubuh ikan ada yang terluka. Contohnya siripnya ada yang lecet atau kulitnya ada yang berdarah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun