Mohon tunggu...
rachman hakim albar
rachman hakim albar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka traveling

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

UMKM Naik Kelas, UMKM Melek Digital, Ekonomi Melejit

6 November 2022   20:50 Diperbarui: 6 November 2022   20:56 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

UMKM Naik Kelas, UMKM Melek Digital, Ekonomi Melejit

Oleh: Rachman Hakim Albar

UMKM merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dibentuk oleh masyarakat Indonesia dengan dibantu Pemerintah Indonesia. Bentuk kegiatan dari UMKM adalah bisnis yang banyak dilakukan oleh masyarakat baik secara individu, rumah tangga atau badan usaha ukuran kecil dengan berbagai macam alasan dan tujuan. 

UMKM yang dijalankan secara individu, rumah tangga atau badan usaha ukuran kecil dimana pegiat dari UMKM ini menyesuaikan produk yang dijual dengan besarnya modal yang mereka miliki. 

Pada saat ini UMKM yang dibuat masyarakat Indonesia sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini dikarenakan UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia. Dengan timbulnya berbagai macam UMKM sangat penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. 

UMKM bisa hidup berjalan sendiri nya antar masyarakat yang ada di Pasar Tradisional. Belakangan ini UMKM di Indonesia semakin banyak dengan berbagai macam sektor ekonominya mulai dari pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, industri pengolahan dan lainnya. UMKM merupakan bisnis yang ternyata banyak memberikan sumbangsih kepada keuangan Negara. 

Selain itu UMKM juga membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja sehingga membantu dalam mengurangi angka pengangguran di masyarakat. UMKM juga memiliki peranan penting dalam pemerataan ekonomi serta menurunkan angka kemiskinan di masyarakat. 

UMKM saat ini mampu bersaing dengan brand besar yang ada di Indonesia, hal ini juga berkat kepedulian Pemerintah dalam mengembangkan UMKM yang ada di Indonesia terutama dalam digitalisasi ekonomi sehingga dapat bersaing dengan brand besar yang ada. 

Semakin berkembangnya teknologi yang ada di Indonesia serta dukungan dari Pemerintah untuk pengembangan UMKM semakin membuat para pelaku usaha semakin kreatif dalam pengembangan usahanya. Sehingga pelaku usaha UMKM tidak bisa lagi di pandang sebelah mata. 

Pelaku UMKM menghadapi persaingan di dalam dunia usaha sehingga dengan adanya digitalisasi terutama bagi pelaku UMKM dapat membantu dalam persaingan usaha yang sehat. Digitalisasi UMKM membuat pelaku usaha membuka peluang pemasaran yang lebih luas serta dapat menjangkau para pengguna smartphone yang semakin canggih. 

Digitalisasi pada UMKM dapat dilakukan untuk riset pasar, mempromosikan brand dan produk yang dimiliki, melakukan pemasaran secara online, membantu dalam pengelolaan operasional secara digital. Sehingga diharapkan dengan adanya digitalisasi dapat meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun