Mohon tunggu...
Rachel Novitasari
Rachel Novitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication Student

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kenalan Yuk, Marine Buddies Sobat Laut Indonesia!

19 Maret 2021   05:56 Diperbarui: 19 Maret 2021   06:06 703
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Marine Buddies Denpasar

Tahukah Anda bahwa isu kelautan dan perikanan saat ini menjadi salah satu isu krusial di Indonesia?

Seperti yang saya sudah jelaskan pada artikel sebelumnya dengan judul “Bersama Marine Buddies. Wujudkan Indonesia Peduli Laut”, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah perairan terluas. Fakta ini tentu menjadi hal baik jika dapat dikelola dengan tepat, namun sangat disayangkan masih terdapat penyimpangan yang berkaitan dengan kelautan dan perikanan.

Beberapa diantaranya yaitu shark finning dan irresponsible marine tourism. Komunitas Marine Buddies dibawah tanggung-jawab WWF (World Wide Fund for Nature) Indonesia hadir dalam rangka untuk meminimalisir penyimpangan tersebut. Komunitas Marine Buddies secara khusus juga dibentuk di Denpasar Bali, sebagai pulau dengan wilayah pantai terbanyak.

Komunitas Marine Buddies Denpasar

Analisis sosial yang saya berserta kelompok lakukan, mengambil subjek yaitu Komunitas Marine Buddies Denpasar. Alasannya sederhana, sebab kami memiliki kedekatan dengan hal-hal kelautan.

Jika Anda masih asing terhadap istilah “analisis sosial”, saya sarankan untuk mengunjungi artikel ini terlebih dahulu. Pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai pengertian analisis sosial beserta dengan manfaatnya.

Selama kurang lebih empat minggu berdinamika dengan komunitas, kami telah memasuki tahap kunjungan lapangan pada proses perencanaan dan pelaksanaan analisis sosial. Mengingat masa pandemi yang masih berlangsung, kunjungan lapangan dilakukan secara daring (online). Tahap kunjungan lapangan ditujukan untuk mengumpulkan data dan inforrmasi, sehingga kemudian data dapat dipilah pada tahap selanjutnya.

Kunjungan Lapangan Komunitas Marine Buddies Denpasar

Website WWF Indonesia & Instagram Marine Buddies Dps
Website WWF Indonesia & Instagram Marine Buddies Dps

Pada kunjungan lapangan secara online kami memutuskan untuk mengunjungi laman website resmi WWF Indonesia dan juga sosial media Marine Buddies Denpasar.

WWF Indonesia sebagai lembaga penanggung jawab Marine Buddies sedikit banyak membagikan informasi komunitas melalui laman website resminya. Salah satunya yaitu pada artikel “FGD Seafood Savers dalam Kacamata Komunitas Marine Buddies”. Dalam artikel tersebut, dikatakan bahwa Marine Buddies merupakan komunitas dampingan WWF Indonesia yang  bergerak dalam bidang kesehatan pesisir dan laut perikanan.

Tidak berhenti sampai sana, kami melanjutkan kunjungan pada sosial media Komunitas Marine Buddies Denpasar untuk melengkapi informasi dan data. Komunitas Marine Buddies Denpasar melalui sosial media khususnya Instagram, cukup aktif dalam membagikan informasi seputar kegiatan komunitas. Informasi-informasi tersebut dikemas dengan apik melalui tampilan feeds yang kreatif.

Setelah mengamati informasi-informasi yang dibagikan pada Instagram, timbul asumsi bahwa komunitas memiliki banyak kegiatan untuk dilakukan, baik sebelum maupun setelah pandemi. Asumsi ini timbul sebab pendeknya rentang waktu pada setiap unggahan Instagram dan pada setiap unggahannya berisi informasi kegiatan yang berbeda. Kegiatan komunitas yang diunggah diantaranya, Webinar “Hari Peduli Sampah Nasional”, Open Volunteer, Live Cooking, Pawai Bebas Plastik, World Ocean Day Celebration, dan masih banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun