Mohon tunggu...
Qwensie Nofian Mahulette
Qwensie Nofian Mahulette Mohon Tunggu... -

Saat ini berkuliah di Universitas Katolik Atmajaya Fakultas Ekonomi program studi Akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Gadget: Friend or Foe?

11 Oktober 2014   10:34 Diperbarui: 17 Juni 2015   21:29 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget….

Tampaknya benda ini sudah tidak menjadi sesuatu yang strange di masyarakat. Selfie, Game online, dan Social media sudah menjadi budaya dan kebiasaan sehari-hari. Gadget diumpamakan seperti makanan. Jika dalam sehari manusia tidak makan, minimal manusia pasti akan merasa lemas dan pingsan. Sama halnya dengan gadget, istilah ‘Tiada hari tanpa gadget’ memang menjadi hal yang biasa jika melihat kondisi sekarang ini.

Hasil penelitian Amerika Serikat yang dikutip oleh BBC Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pengguna smartphone nomor satu di dunia dengan pemakaian rata-rata 181 menit per hari yang kemudian disusul dengan Jepang dengan rata-rata 174 menit per hari. Hasil penelitian juga mengemukakan bahwa di masyarakat di Amerika Serikat lebih banyak menghabiskan waktu dengan ponsel mereka daripada nenonton TV. Berdasarkan hasil diatas, jelas bahwa gadget sangat berpengaruh besar bagi semua kalangan masyarakat baik tua maupun muda, mampu dan tidak mampu, semuanya tidak luput dari ‘sihir’ gadget.

Namun, apakah gadget membawa pengaruh yang baik atau justru menjadi ‘sumber penyakit’ bagi orang banyak?

Ada beberapa kegunaan yang positif dari gadget:

1. Gadget Memudahkan Segala Kegiatan

Melalui gadget, segala sesuatu yang akan kita kerjakan menjadi lebih mudah baik di kantor, sekolah, maupun aktivitas lainnya. Bahkan di rumah kita dapat mengakses dunia luar melalui GPS atau aplikasi seperti Google Earth, serta berbagai info di seluruh pelosok dunia yang akan memudahkan kita untuk mengenal dunia di luar rumah. Selain itu, kita dapat menggunakan smartphone untuk menyimpan momen-momen yang berharga seperti foto, video dan lainnya sehingga kita tidak merasa seperti kembali pada jaman purba.

2. Tidak Ada Istilah ‘Lonely’ Dalam Gadget

1412970932762605279
1412970932762605279

Dengan gadget, tidak akan ada lagi kata ‘sendiri’ dalam kamus kehidupan kita karena sesuatu yang kita butuhkan dan kita inginkan sudah tersedia dalam gadget terutama dalam hal bersosialisasi dengan orang lain. Melalui aplikasi sosial media, kita dapat berkomunikasi, mengirim foto dan video dan bahkan berbicara melalui Video call seperti Skype, Line, ooVoo, dan lainnya. Gadget juga dapat membuat kita untuk menyampaikan semua feelings dan opini yang kita miliki untuk kita bagikan kepada khalayak.

3. Selalu Menghibur Dengan Aplikasi yang Menarik

14129710541954624395
14129710541954624395
14129713191111416592
14129713191111416592

Gadget memiliki berbagai macam aplikasi seperti sosial media di hp, mendengarkan musik di mp3, menonton film di laptop dan juga menikmati Game portable yang dapat menghibur sehingga kita tidak akan merasa jenuh pada saat beraktivitas.

4. Gadget Dapat Melakukan Hal Diluar Kemampuan Manusia pada Umumnya.

1412971593813084640
1412971593813084640

Manusia menyadari bahwa setiap individu memiliki kemampuan yang terbatas. Untuk itu, manusia membutuhkan gadget sebagai pelengkap dari keterbatasannya. Misalnya sistem Video call yang dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia sehingga kita tidak perlu berkunjung untuk mengobrol dengan orang lain.

5. Up to Date

1412971865177956240
1412971865177956240

Inilah kelebihan utama dari gadget. Gadget selalu menyajikan hal-hal yang serba Up to date sehingga pengguna tidak merasa ketinggalan informasi tetapi selalu mengetahui Trending topic yang diperoleh dari seluruh dunia.

Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern, gadget digunakan sebagai sarana yang dapat merugikan. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa gadget juga dapat merugikan bagi penggunanya:

1. Gadget Is Everything

Banyak orang berpikir bahwa gadget dapat membuat hidup menjadi lebih indah. Bagi segelintir orang, Tidak ada kehidupan tanpa gadget sehingga membuat orang menjadikan gadget sebagai ‘dewa’ mereka dan segala aktivitas hanya dilakukan pada gadget.

2. Gadget Membuat Orang Menjadi Manja

1412972091941335411
1412972091941335411

Banyak orang yang karena sudah terbiasa dengan gadgetnya, mereka menjadikan gadget mereka untuk mengerjakan segala sesuatu yang bahkan dapat dikerjakan sendiri seperti memberikan opini pada artikel dengan hanya mengklik tombol copy dan paste kita dapat mengutip tulisan orang lain tanpa harus membuat artikel baru dengan menciptakan opini tersendiri. Berbagai aplikasi yang tersedia seperti sosial media dan game yang membuat orang ketagihan dan bahkan tidak mau beranjak dari tempat tidur mereka.

3. Gadget Is My Best Friend

Gadget juga seringkali dijadikan ‘sahabat setia’ kita. Kata sahabat disini artinya gadget digunakan untuk menemani kita dimanapun kita berada sehingga kita menjadi lupa untuk berinteraksi terhadap lingkungan sekitar dan bahkan orang terdekat kita. Kita juga menjadikan gadget seperti smartphone sebagai benda yang selalu dijadikan ‘teman tidur kita’ dengan menaruh benda tersebut di tempat tidur kita. Perlu kita ketahui bahwa radiasi dari smartphone dapat membawa pengaruh yang buruk terhadap otak, terutama yang sedang mengalami perkembangan otak seperti pada kalangan anak-anak. Berdasarkan penelitian National Radiology Protection Board, Inggris, dikatakan bahwa gelombamg elektromagnetik yang dihasilkan dari telepon genggam dapat merusak DNA dan mengakibatkan tumor otak. Untuk itu, gadget tidak selalu menjadi ‘best friend’ kita, tetapi juga dapat membawa efek yang buruk.

4. “Time Is Money” to “Time for Gadget”

1412972260246465916
1412972260246465916
14129723421829790159
14129723421829790159

Gadget memang menjadi alat yang sulit untuk dipisahkan dari tangan kita dan membuat kita harus mengorbankan banyak hal untuk gadget, terutama waktu. Gadget seolah-olah telah menghentikan waktu, dimana kita yang semula termotivasi menggunakan waktu kita untuk mendapatkan uang, menjadi terbuang sia-sia hanya untuk bermain gadget baik melalui sosial media, game, dan hal kurang penting lainnya. Padahal, masih banyak sekali opportunity diluar sana yang dapat kita ambil untuk menghasilkan something daripada hanya sekedar menghabiskan waktu to get nothing.

5. Gadget = All of My Activity

14129726471360185124
14129726471360185124

Semakin seseorang ketagihan terhadap gadgetnya, semakin sering seseorang terjerumus ke dalam ‘sihir’ yang diberikan gadget tersebut, seakan-akan gadget telah mengatur seluruh aktivitas kita agar kita menyempatkan waktu kita sesibuk apapun hanya untuk melihat gadget. Seperti contoh, jika kita sedang berpergian ke suatu tempat, kita selalu menyempatkan waktu untuk update seperti dimana kita berada dan apa yang sedang kita lakukan. Jadi fungsi gadget tidak hanya meng update informasi di dunia, tetapi juga meng update seluruh aktifitas manusia di seluruh dunia yang seluruh kegiatannya disempatkan untuk meng update kegiatan yang sedang dilakukan.

Jadi, menurut anda apakah gadget adalah teman, ataukah justru musuh kita? Baik atau tidaknya tergantung bagaimana cara anda menggunakan gadget untuk hal yang baik atau justru yang tidak baik. Gadget hanyalah benda mati yang diciptakan manusia sebagai pelengkap aktifitas. Pergunakan waktu anda sebaik mungkin karena waktu anda tidak hanya untuk sebuah gadget, melainkan untuk menciptakan sesuatu yang mungkin lebih berguna dan lebih baik dari sebuah gadget untuk masa depan.

Sekian artikel dari saya, jika ada saran dan kritik silahkan ditulis pada komentar yang telah disediakan dibawah ini. Mohon maaf jika terdapat kalimat yang kurang berkenan. Semoga artikel saya dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Akhir kata, sekian dan terima kasih.

God Bless you.

Resources:
BBC Indonesia (2014, 5 Juni). Orang Indonesia Pengguna Ponsel Nomor 1 Di Dunia . Diperoleh 11 Oktober 2014, dari http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2014/06/140605_majalah_ponsel_indonesia

Forum DhammaCitta (2009, 24 September). Efek Samping Menggunakan Handphone . Diperoleh 11 Oktober 2014, dari http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=13041.0

Pictures:
http://blog.atoshealthcare.com/wp-content/uploads/2012/11/Atos-Healthcare-customer-using-computer-at-home.jpg
http://www.feminiya.com/wp-content/uploads/2013/09/woman-talking-on-phone.jpg
http://i.kinja-img.com/gawker-media/image/upload/s--9i879ZhY--/17vzbduvh99gnjpg.jpg
http://graphics8.nytimes.com/images/2013/10/16/business/dbpix-supercell/dbpix-supercell-tmagArticle.jpg
http://blog.tmcnet.com/blog/tom-keating/images/chaim-haas-jonathan-rosenberg-tom-keating-skype-call.jpg
http://www3.ebu.ch/files/live/sites/ebu/files/Services/Academy/Courses/2014/IMG/MC-social-media.gif
http://media02.hongkiat.com/smartphone-you-who-in-control/sleep-text.jpg
http://www.oddgadgets.com/blog/wp-content/uploads/2011/07/timebank-300x238.jpg
http://cdn.phys.org/newman/gfx/news/hires/2012/amanplaysano.jpg
http://media.tumblr.com/ed7e59d36a90da508eff0179f507d6b5/tumblr_inline_n7h31iamyb1qz6zw8.png


Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun