Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - A runner, an avid reader and a writer.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Remaja, Gadget, dan Masa Depan

21 Mei 2024   18:00 Diperbarui: 21 Mei 2024   18:00 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat menulis artikel ini, saya sedang duduk di sebuah warung kopi (warkop). Di depan saya ada tujuh orang remaja yang masing-masing sedang memegang gawai sambil menikmati rokok. 

Mereka tidak hanya membawa gawai, namun juga charger untuk mengecas gawai. Tidak sampai disitu, kipas angin kecil pun setia menemani mereka. 

Semenjak game online mudah diakses, semakin banyak remaja yang menghabiskan waktu memegang gadget berjam-jam. Mereka menatap layar, memainkan jari, sesekali mengeluarkan kata-kata mutiara.

Para remaja usia sekolah mudah tenggelam dalam arus game online. Masa muda dengan begitu bnyak waktu kosong terbuang sia-sia. Jika saja mereka mau, ada banyak skil yang bisa dipelajari.

Kemajuan teknologi memang mempermudah segalanya. Tapi, ada harga yang harus dibayar. Waktu luang mudah hilang lenyap dalam aktivitas tanpa kualitas.


Usia muda tergantikan dengan masa depan kelam. Gawai acapkali menipu remaja. Konsep waktu berubah, tergadai oleh permainan yang melalaikan.

Bulan berganti tahun, predikat remaja berganti dewasa. Sayangnya, waktu yang dulunya berharga kini sirna ditelan usia. Lalu, masa depan seperti apa yang bisa mereka harapkan? 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun