Assalamualaikum temen-temen berjumpa lagi nih, kita disini akan mempelajari tentang perkembangan kognitif dari teori jean piaget, siapa si jean piaget itu adalah seseorang ilmuawan, filsuf, psikologi dan peneliti tentang perkembangan kognitif anak (kecerdasan) dan sedangkan perkembangan kognitif adalag adanya tahapan-tahapan dan perubahan yang terjadi didalam kehidupan kita masing-masing yang mana kita harus mampu memahami, mengelola informasi memecahkan masalah dan untuk mengetahui sesuatu, dalam teori ini berfokus pada penemuan asal-usul logika alam dan terdapat perpindahan bentuk yang digunakan dan mampu dibuktikan dengan akal tentunya juga dengan adanya tujuannya  yaitu untuk mampu menyelidiki akar dari pemikiran logis seorang bayi, pertimbangan yang terlibatkan berbagai jenis anak dalam prosem pemikiran anak ke dewasa.
Asumsi dasar pada perkembangan piaget itu adanya konstruktivisme dalam kecerdasan pada asumsi ini beliau jean piaget mempertahan.kan pengetahuan tradisonal dan mampu mengajarkan dalam beberapa cara yaitu para psikologi dan pendidik mempunyai harus mampu memberikan pemahaman yang baik, lalu asusmi yang ke 2 yaitu kerangja kerja penelitian piaget dengan adanya pertanyaan-pertanyaan lalu jean piaget membuat kerangka-kerangka yang mana proses ini untuk membantu mengetahui dan menemukan jawabannya contohnya yaitu diawali dengan pertanyaan misalnya apa yang dimaksud dengan sifat pengetahuan sumbernya yaitu dari filsafat dan asumsinya yaitu pengetahuan adalah mengetahui ataupun sebuah proses yang menciptakan aktivitas peserta. yang ke 3 yaitu sifat kecerdasan, dalam kecerdasan ini bertujuan untuk membantu menghadapi lingkungannya, dan kecerdasan juga mampu di artikan sebagai organisme biologi yang mana adanya sebuah sistem yang mampu tumbuh dan berkembang, dan yang terakhir dari dasar asumsi perkembangan kognitif yaitu faktor terpenting pada perkembangan kognitif lalu faktor tersebut yaitu hungan antara lingkungan sekitarnya, adanya kematangan pada fisik anak, yang ketiga yaitu faktor dari lingkungan sosial dan termasyk juga dari peran-peran pendidikan anak, bahasa dan komunikasi anak dan dari ketiga ini merupakan suatu faktor-faktor.Â
Jean piaget dalam mengemukakan teori kognitif ini terdapat konsep-konsep yang penting menurut beliau terdapat 6 proses kognitif pada anak yaitu skema, asimilasi, akomodasi,organisasi dan keseimbangan dan ekuilibrasi, oke pengertian yang pertama yaitu tentang
skemema : pada teori inj merujuk pada beberapa tindakan kegiatan yang menghasilkan pengetahuan, Asimilasi : yaitu adanya suatu kegiatan memasukkan informasi yang baru kedalam skema-skema yang sudah adaÂ
Akomodasi : skema yang merujuk pada penyesesuaikan skema yang sudah ada agar dalam menerima informasi dan pengalaman baru mampu di cocokkanÂ
Organisasi : adanya suatu pengelompikan dari perilaky dan pemikaran yang terpisah dan dijadikan menjadi satuÂ
Ekulibrasi : adanya mekanisme untuk menjelaskan bagaimana anak beralih dari suatu tahap satu ketahap lain nya atupun berikutnya .
Tahapan perkembangan kognitif piagetÂ
menurut piaget pada tahapan perkembangan kognitif nya terdapat 4 tahapan yaitu :Â
1. Tahapan sensorimotor (usia 0-24) pada tahapan ini anak pada perkembangan kognitif nya sangat terbatas namun anak mampu belajar dari sekitarnya seperti rangsangan ataupun refleks contohnya suka memperhatikan sesuatu dengan waktu yang lamaÂ
2. Tahap perkembangan kognitif anal praoperasional (2-7 tahun ) pada masa ini anak susah memasuki dasar dari kognitif nya dimana dengan dibantunya perkembangan-perkembangan yang lain juga sehingga anak mampu mengelola dengan baik dan tentunya dengan bertahap juga anak usia dini juga mampu mengembangkan daya ingat dan imajinasi nyaÂ