Mohon tunggu...
qonita sholihah
qonita sholihah Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Mahasiswa uin malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Yuk Bareng-bareng Kita Ketahui tentang Perkembangan Kognitif Jean Piaget

16 Maret 2021   14:24 Diperbarui: 16 Maret 2021   15:10 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum temen-temen berjumpa lagi nih, kita disini akan mempelajari tentang perkembangan kognitif dari teori jean piaget, siapa si jean piaget itu adalah seseorang ilmuawan, filsuf, psikologi dan peneliti tentang perkembangan kognitif anak (kecerdasan) dan sedangkan perkembangan kognitif adalag adanya tahapan-tahapan dan perubahan yang terjadi didalam kehidupan kita masing-masing yang mana kita harus mampu memahami, mengelola informasi memecahkan masalah dan untuk mengetahui sesuatu, dalam teori ini berfokus pada penemuan asal-usul logika alam dan terdapat perpindahan bentuk yang digunakan dan mampu dibuktikan dengan akal tentunya juga dengan adanya tujuannya  yaitu untuk mampu menyelidiki akar dari pemikiran logis seorang bayi, pertimbangan yang terlibatkan berbagai jenis anak dalam prosem pemikiran anak ke dewasa.

Asumsi dasar pada perkembangan piaget itu adanya konstruktivisme dalam kecerdasan pada asumsi ini beliau jean piaget mempertahan.kan pengetahuan tradisonal dan mampu mengajarkan dalam beberapa cara yaitu para psikologi dan pendidik mempunyai harus mampu memberikan pemahaman yang baik, lalu asusmi yang ke 2 yaitu kerangja kerja penelitian piaget dengan adanya pertanyaan-pertanyaan lalu jean piaget membuat kerangka-kerangka yang mana proses ini untuk membantu mengetahui dan menemukan jawabannya contohnya yaitu diawali dengan pertanyaan misalnya apa yang dimaksud dengan sifat pengetahuan sumbernya yaitu dari filsafat dan asumsinya yaitu pengetahuan adalah mengetahui ataupun sebuah proses yang menciptakan aktivitas peserta. yang ke 3 yaitu sifat kecerdasan, dalam kecerdasan ini bertujuan untuk membantu menghadapi lingkungannya, dan kecerdasan juga mampu di artikan sebagai organisme biologi yang mana adanya sebuah sistem yang mampu tumbuh dan berkembang, dan yang terakhir dari dasar asumsi perkembangan kognitif yaitu faktor terpenting pada perkembangan kognitif lalu faktor tersebut yaitu hungan antara lingkungan sekitarnya, adanya kematangan pada fisik anak, yang ketiga yaitu faktor dari lingkungan sosial dan termasyk juga dari peran-peran pendidikan anak, bahasa dan komunikasi anak dan dari ketiga ini merupakan suatu faktor-faktor. 

Jean piaget dalam mengemukakan teori kognitif ini terdapat konsep-konsep yang penting menurut beliau terdapat 6 proses kognitif pada anak yaitu skema, asimilasi, akomodasi,organisasi dan keseimbangan dan ekuilibrasi, oke pengertian yang pertama yaitu tentang

skemema : pada teori inj merujuk pada beberapa tindakan kegiatan yang menghasilkan pengetahuan, Asimilasi : yaitu adanya suatu kegiatan memasukkan informasi yang baru kedalam skema-skema yang sudah ada 

Akomodasi : skema yang merujuk pada penyesesuaikan skema yang sudah ada agar dalam menerima informasi dan pengalaman baru mampu di cocokkan 

Organisasi : adanya suatu pengelompikan dari perilaky dan pemikaran yang terpisah dan dijadikan menjadi satu 

Ekulibrasi : adanya mekanisme untuk menjelaskan bagaimana anak beralih dari suatu tahap satu ketahap lain nya atupun berikutnya .

Tahapan perkembangan kognitif piaget 

menurut piaget pada tahapan perkembangan kognitif nya terdapat 4 tahapan yaitu : 

1. Tahapan sensorimotor (usia 0-24) pada tahapan ini anak pada perkembangan kognitif nya sangat terbatas namun anak mampu belajar dari sekitarnya seperti rangsangan ataupun refleks contohnya suka memperhatikan sesuatu dengan waktu yang lama 

2. Tahap perkembangan kognitif anal praoperasional (2-7 tahun ) pada masa ini anak susah memasuki dasar dari kognitif nya dimana dengan dibantunya perkembangan-perkembangan yang lain juga sehingga anak mampu mengelola dengan baik dan tentunya dengan bertahap juga anak usia dini juga mampu mengembangkan daya ingat dan imajinasi nya 

3. Tahapan perkembangan kognitif anak operasional konkret (7-11 tahun ) pada tahapan ini kognitif anak semakin berkembang sehingga anak mampu memahami sebab dan akibat secara easional dan sistematis 

4. Tahap operasional formal (dimulai 11 tahun ) 

pada masa ini anak sudah masuk dalam masa remaja yang mana anak sudah mampu memakai logikanya sehingga anak mampu mengimbangkan kognitifnya dan memilah-molah informasi yang ada 

Terimakasih semoga bermanfaat 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun