A. Aliran Filsafat Pendidikan ada 5
1. Aliran Filsafat IdealismeÂ
  Berawal dari pemikiran Plato tentang keberadaan empiris yang dilihat dan dirasakan dalam ideal esensi alam ini. Idealis adalah doktrin yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam jiwa roh.
2. Aliran Filsafat Perenialisme
   Berasal dari kata Perenial yang berarti fana, abadi/ kekal. Perenialisme berarti segala sesuatu yang ada disepanjang sejarah.
3. Aliran Filsafat EsensialismeÂ
   Aliran ini didasari oleh pemikiran Filsafat Idealisme. Aliran Esensialisme ini muncul pada zaman Resainans. Aliran ini menginginkan kembali pada kebudayaan lama karena kebudayaan lama telah banyak kebaikan terhadap manusia.
4. Aliran Filsafat Progresifisme
  Dapat diartikan secara umum sebagai aliran yang menginginkan kemajuan-kemajuan secara cepat.Â
5. Aliran Filsafat ProgmatismeÂ
  Progmatisme adalah suatu aliran modern yang mengajarkan bahwa yang benar apa yang membuktikan dirinya sebagai benar dengan perantara akibat-akibat yang bermanfaat secara praktif.
B. Pemikiran Tokoh Filsafat PendidikanÂ
-Plato : Menurut Plato mengembangkan Filsafat Pendidikan dengan cara membuka sekolah khusus pendidikan.
-Aristoteles : Berpendapat bahwa melalui riset Pendidikan yang dimaksud riset disini berupa analisis merupakan kemampuan manusia untuk membuat strategi sebagai hasil berpikir.Â
-M. Iqbal : Berpendapat bahwa Pendidikan Ideal merupakan Pendidikan yang mampu memadukan 2 aspek yaitu aspek dunia & akhirat.Â
-Ahmad Dahlan : Berpendapat bahwa Pendidikan bertujuan budi, luas pandangan, berjuang untuk kemajan masyarakat.