Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Dosen - Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Pondasi Filsafat - Chapter 2

27 April 2024   08:03 Diperbarui: 27 April 2024   08:10 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dasar yang kuat untuk menciptakan kemenangan dan mempertahankan suatu kebenaran dari setiap perdebatan dan argumen yang panjang, berikut sebagian simulasi dari pondas kelimuan dalam pandangan kefilsafatan.

Sebelum terjadinnya perang di beberapa Negara bagian, pemerintahannya menyakini bahwa dengan melakukan perperangan antar Negara lain, bisa mengatasi perselisihan yang akan dihadapi "baik internal maupun eksternal Negara-nya masing-masing".

Menang atau kalah memberikan keyakinan dari seorang pimpinan pemerintahan yang memberikan intruksi untuk melakukan perperangan dan perlawanan terhadap musuh dengan berbagai macam argumentasi atau dalil dari sebuah permasalahan.

Kekuatan ini mempunyai dasar-dasar keilmuan yang dimiliki baik dari sisi kecanggihan alat perang, sistem dan strategi penyerangan terhadap lawan negara lain. Seperti contoh yang terjadi di Negara Israel VS Palestina, Rusia VS Ukraina, dan Iran VS Israel.

Uraian diatas sebagai penghantar dan membangun keilmuan yang menurut penulis bahwa dengan menyusun strategi dan teknik perperangan, bagian tertinggi untuk mengantisipasi pencegahan dari berbagai ancaman dari setiap Negara lain.

Itulah penting sebuah keilmuan dalam menghadapi fenomena atau gejolak lintas Negara entah itu dari sisi ekonomi, budaya, politik, keamanan, sosial, kekuasaan, dan lain sebagainya. Ingat !!! hubungan dari suatau Negara tidak ada yang abadi, melainkan tetap mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan keilmuan lainnya.


Sebagai antisipasi menegakkan kebenaran dan mempertahankan Negaranya masing-masing dari ancaman Negara asing, yang mungkin bisa mengakibatkan permusuhan dan perperangan di kemudian hari.

Kemudian, bagaimana kelimuan yang menjadi pondasi sehingga ditetap dalam tujuan untuk mencapai sebuah gagasan yang menjadi refrensi dalam setiap perkembangan ilmu di era sekarang.

1. Memahami Dasar Keilmuan Filsafat:

"Ontologi adalah ilmu pengetahuan yang meneliti segala sesuatu yang ada, Epistemologi adalah ilmu yang membahas tentang teori, sedangkan Aksiologi adalah kajian tentang nilai ilmu pengetahuan", sebagai pengikat bahwa istilah dari keilmuan akan berhubungan dengan kefilsafatan.

Dari proses penelitian dan tentang kajian sebuah istilah ilmu pengetahuan akan membangun kekuatan keyakinan setiap proses terhadap objek tertentu seperti contoh mendirikan perusahaan baru, mengembangkan kemampuan dan pengetahun sumber daya manusia pada umumnya dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun