Mohon tunggu...
Putri Sabilah
Putri Sabilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswi Aktif Komunikasi dan Penyiaran Islam UMJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Media Digital Pada Anak Usia Dini: Dampak Positif dan Tantangan

2 Juli 2023   17:57 Diperbarui: 5 Juli 2023   12:36 745
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta - Media digital telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern, termasuk dalam perkembangan anak-anak. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan media digital oleh anak usia dini semakin meningkat. Namun, perlu diperhatikan efek dari penggunaan media digital ini terhadap perkembangan anak. Beberapa penelitian menunjukkan adanya dampak positif, tetapi juga tantangan yang harus diatasi.

Salah satu dampak positif penggunaan media digital pada anak usia dini adalah meningkatkan kemampuan kognitif dan pengembangan bahasa. Melalui aplikasi dan program yang didesain khusus untuk anak, mereka dapat belajar membaca, menulis, dan mengembangkan keterampilan matematika dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Penggunaan media digital juga dapat meningkatkan kreativitas anak melalui berbagai aktivitas seperti menggambar dan membangun di dunia virtual.

Selain itu, media digital juga dapat menjadi sarana pembelajaran yang efektif. Anak-anak dapat mengakses informasi dan sumber daya pendidikan secara lebih luas, seperti video pembelajaran, aplikasi edukatif, dan situs web pendidikan. Penggunaan media digital juga dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial anak melalui platform interaktif yang memungkinkan mereka berinteraksi dengan teman sebaya, baik secara langsung maupun virtual.

Namun, penggunaan media digital pada anak usia dini juga menghadapi tantangan dan risiko tertentu. Salah satu tantangan utama adalah potensi penyalahgunaan atau ketergantungan. Anak-anak dapat terjebak dalam penggunaan media digital yang berlebihan dan mengorbankan aktivitas fisik dan interaksi sosial yang sehat. Selain itu, terlalu banyak paparan pada konten yang tidak sesuai usia dapat berdampak negatif pada perkembangan emosional dan perilaku anak.

Para ahli merekomendasikan pendekatan yang seimbang dalam penggunaan media digital pada anak usia dini. Beberapa pedoman yang dapat diikuti adalah:


Batasi waktu layar: Tetapkan batasan waktu harian untuk penggunaan media digital dan pastikan anak-anak tetap memiliki waktu luang untuk bermain fisik, membaca, dan berinteraksi dengan orang lain.
Pilih konten yang tepat: Pilih aplikasi, program, dan konten media digital yang sesuai dengan usia dan kepentingan anak. Pastikan konten tersebut mendukung pengembangan kognitif, sosial, dan emosional.
Awasi penggunaan: Perhatikan aktivitas anak saat menggunakan media digital dan tetap terlibat dalam interaksi mereka. Berikan arahan dan pemahaman tentang penggunaan yang bertanggung jawab.
Fasilitasi interaksi sosial: Selain penggunaan media digital, penting bagi anak untuk memiliki interaksi sosial yang sehat. Fasilitasi pertemuan dengan teman sebaya dan aktivitas kelompok di luar ruangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun