Mohon tunggu...
Putri Nirmala Arum
Putri Nirmala Arum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tips agar Selalu Tenang dan Fokus

10 Desember 2022   00:13 Diperbarui: 10 Desember 2022   00:33 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Disadari atau tidak kita sering hilang fokus dan susah konsentrasi terhadap hal yang kita lakukan. Misalnya, saat membaca tulisan ini apakah kalian menyadari apa yang kalian baca atau hanya sekedar membaca secara otomatis? Sebagaian besar pikiran, perasaan, dan perilaku kita terjadi secara otomatis. Sampai-sampai kita lupa memperhatikannya.


Solusi dari permasalahan tersebut ialah menerapkan mindfulness pada diri kita. Istilah mindfulness menurut Jon kabat-zinn berarti kesadaran yang muncul dari memperhatikan dengan sengaja, pada saat ini dan tanpa menghakimi.Sebenarnya mindfull ini bisa meningkatkan kesadaran kita atas aktivitas yang kita kerjakan.


Mindfulness adalah suatu kondisi dimana kalian benar-benar berada disaat ini, dan menyadari apa yang kalian lakukan dan apa yang ada didepan kalian. Dengan bersikap mindfull, kalian jadi bisa benar-benar sadar dan fokus dengan tugas yang kalian kerjakan, tanpa mudah terdistraksi oleh pemikiran kalian.


Tujuan dari mindfulness sendiri adalah menghadirkan kesadaran secara penuh akan saat ini. Dengan menyadari saat ini, kalian akan lebih fokus dan lebih menikmati seluruh momen yang terjadi dalam hidup. Untuk melatih diri kita menjadi mindfull, kita harus mengerti karakteristik dari mindfulness,yang terbagi menjadi dua karakteristik:


1. Mindfullness berarti memusatkan perhatian dan kesadaran terhadap aktivitas yang kita lakukan sekarang


Gampangnya kita fokus terhadap apa yang kita kerjakan sekarang, misalnya sekarang kita lihat video dan kita fokus pada video itu bukan pada pemikiran kita tentang masa depan atau apa yang akan kita makan nantinya, tetapi fokus terhadap apa yang kalian kerjakan saat ini. Lagi nonton fokus nonton, lagi makan fokus makan.


2. Keterbukaan dan penerimaan terhadap sensasi yang ada dilingkungannya sendiri.  
Menurut Kabat-zinn, pada saat kita mindfull kita akan berusaha untuk meng-absorb sensasi yang kita terima dari lingkungan kita. Ini bisa beragam banget contohnya, suara apa yang kalian dengar itu sensasi, cahaya matahari yang terkena kulit kalian itu sensasi,dan tekstur dari baju kalian yang kalian rasakan itu juga sensasi. Perasaan juga termasuk, entah perasaan apapun itu, perasaan capek, senang, sedih, suara burung berkicau juga bisa, kalian menerima semuanya itu, kalian mencoba untuk meng-absorb semuanya.


Cara mencapai mindfulness dalam kehidupan sehari-hari, salah satu caranya ialah meditasi. Jadi meditasi ini adalah aktivitas dimana seorang individu menggunakan teknik-teknik tertentu untuk melatih atensi dan kesadaran sampai orang tersebut mencapai keadaan mental yang tenang dan stabil.Metode meditasi ala Liz mineo :


1. Carilah ruangan yang sepi
2. Duduklah dengan tegak diatas bantal atau kursi dan rilekskan badan kalian biarkan Kepala dan tubuh kalian beristirahat dengan nyaman.
3. Tetaplah fokus, meskipun fikiran-fikiran yang ada dalam otak kalian akan mendistraksi proses  bernapas kalian. Perhatikan saja fikiran-fikiran tersebut tetapi jangan dipikirkan terlalu panjang.


Latihan meditasi dengan rutin akan membuahkan keuntungan yang luar biasa buat kalian, Kalo kalian sudah berhasil menjadi long-term meditator, kalian sudah sangat rutin bermeditasi setiap harinya, kalian akan lebih kuat menghadapi stress dan lebih cepat recorver dari perasaan negatif.


Langkah-langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun