Mohon tunggu...
Putri Lomo
Putri Lomo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sejarah Media Massa di India: Kemunculan Media Digital

2 Oktober 2021   04:05 Diperbarui: 2 Oktober 2021   04:07 115 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Surat kabar menjadi awal mula kemunculan media massa di India. Namun setelah kemunculan media digital, surat kabar dan radio mulai kurang diminati masyarakat India.

Media massa memiliki peran penting dalam pembentukan perspektif publik. 

Media massa terlahir dengan kekuatan yang besar. Sejak dahulu media massa sering digunakan oleh pemerintah maupun masyarakat untuk melakukan komunikasi publik. Seiring berjalannya waktu media massa di seluruh negara mengalami perkembangan.

India merupakan salah satu negara yang mengalami perkembangan media massa. Perpindahan dari media massa berbasis analog ke media massa berbasis digital juga dirasakan oleh negara India.

Kemunculan Surat Kabar

Sumber: asianreviewofbooks.com
Sumber: asianreviewofbooks.com

Kemunculan media cetak pada tahun 1780 menjadi awal mula media massa di India.

Surat kabar Bengal Gazette yang dibuat oleh James Augustus Hick adalah surat kabar pertama yang ada di India.

Surat kabar tersebut hanya memuat berita sebanyak dua lembar kertas saja. Selain itu, isi berita yang ada di dalam koran mingguan ini dituliskan menggunakan Bahasa Inggris.

Saat itu, Hicky menuangkan kritikannya ke dalam Bengal Gazette mengenai kegiatan istri Gubernur Jenderal Lord Warren Hasting. Tindakan tersebut membawa Hicky masuk ke dalam penjara selama satu tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan