Mohon tunggu...
PUTRI CHANDRAAYU
PUTRI CHANDRAAYU Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa yang sedang mendalami ilmu administrasi bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Magang di PT PJB Services: Menemukan Passion dan Karier yang Diinginkan

6 Mei 2023   07:45 Diperbarui: 10 Mei 2023   21:37 625
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Magang di sebuah perusahaan merupakan salah satu cara yang tepat untuk memperoleh pengalaman kerja dan menemukan passion atau minat dalam suatu bidang tertentu. Saya pun memiliki pengalaman magang yang berkesan di PT PJBS, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan proyek infrastruktur.

Saat pertama kali bergabung di PT PJBS, saya ditempatkan pada divisi perencanaan dan pengendalian proyek sebagai tempat magang. Di divisi ini, saya belajar banyak hal terkait perencanaan dan pengendalian proyek, mulai dari membuat realisasi Rencana Anggaran Biaya (RAB) proyek, mempelajari dan membuat Term of Reference (TOR), melakukan pengarsipan dokumen, hingga memonitoring perkembangan proyek melalui database yang ada.

Meskipun di awal-awal saya merasa sedikit kesulitan, namun saya terus belajar dan berusaha memahami setiap tugas yang diberikan. Saya juga selalu meminta bantuan dari rekan kerja dan pembimbing lapangan saya ketika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.

Saat saya membuat realisasi rencana anggaran biaya proyek, saya belajar bahwa pembukuan yang akurat dan pemahaman yang baik sangatlah penting. Setiap realisasi RAB harus didasarkan pada data yang valid dari beberapa sumber untuk meminimalkan ketidaksamaan hasil. Melalui tugas ini, saya mempelajari pentingnya mengontrol biaya proyek agar tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan. selain itu, saya juga belajar tentang pengarsipan dokumen yang berguna untuk menjaga dokumen - dokumen penting agar tidak rusak dan hilang.

Selama magang di PT PJBS, saya merasa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Saya menemukan passion saya dalam bidang perencanaan dan pengendalian proyek, dan saya bersemangat untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan saya di bidang tersebut.

Tak hanya itu, magang di PT PJBS juga memberikan banyak peluang untuk memperluas jaringan atau network. Saya bertemu dengan berbagai rekan kerja yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Saya juga berkesempatan untuk mengikuti rapat online bersama dengan beberapa vendor dari berbagai perusahaan yang menjadi partner PT PJBS.

Kesimpulannya, pengalaman magang di PT PJBS sangat berkesan dan memberikan banyak manfaat bagi saya. Saya mendapatkan pengalaman kerja yang berharga, menemukan passion saya dalam bidang perencanaan dan pengendalian proyek, dan juga memperluas jaringan atau network. Saya berharap pengalaman saya ini dapat membantu dan memberikan inspirasi bagi para pembaca yang sedang mencari passion dan karir yang diinginkan.

Putri Chandra A.P (1122000062)

Dosen pembimbing: Dra. Ni Made Ida Pratiwi, M.M

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun