Mohon tunggu...
Putri IndahNurhayani
Putri IndahNurhayani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

jalan-jalan- makan

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pola Sehat Dalam Preferensi Makanan

27 Mei 2022   21:48 Diperbarui: 27 Mei 2022   22:00 38 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Untuk menjalankan hidup sehat, ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti menerapkan pola makan sehat. Pola makan sehat adalah suatu cara dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan tertentu seperti mempertahankan kesehatan, status nutrisi, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit. Pola makan sehari-hari merupakan pola makan seseorang yang berhubungan dengan kebiasaan makan disetiap harinya.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Referensi Makanan, antara lain:

Ketersediaan Makanan Daerah Tertentu.

Contoh : Di Sinjai sulit mendapatkan roti karena disana tidak ada pabrik roti. Tentu hal ini sangat mempengaruhi preferensi makanan seseorang. Ketersediaan makanan suatu tempat akan membentuk habbit seseorang dalam mengonsumsi makanan.

Pembelian Makanan Untuk Anggota Keluarga Lain Khususnya Orang Tua

Harus ada upaya membeli makanan spesifik bagi orang tua (manula) karena AKG yang ditubuhkan pasti berubah, kandungan-kandungan yang harus dikonsumsi juga pasti berubah akibat munculnya beberapa penyakit sehingga pemilahan makanan harus dilakukan.

Rasa Makanan, Tekstur, dan Tempat

Mengapa seseorang dengan makanan yang sama di rumah tetapi lebih suka di pantai? Karena suasana tempatnya yang berbeda. Rasa makanan yang sa, namun tekstur dan tempat yang berbeda membuat terasa lebih nyaman dan aman sehingga dapat mempengaruhi preferensi seseorang.

Pembelian makanan dan penyediaannya yang mencerminkan hubungan kekeluargaan dan budaya. 

Seperti Budaya makan Sulawesi Selatan dapat dilihat misalnya kepala keluarga tidak boleh berhenti makan hingga anggota keluarga lainnya selesai makan. Makanan sebagai penghubung rasa kekeluargaaan (wadah untuk berkomunikasi). Pada saat ditempat makan, permasalahan keluarga selesai, itulah kebudayaan.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesukaan Makanan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan