Mohon tunggu...
Putra Selamat Zega
Putra Selamat Zega Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Welcome

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bingung Mengatasi Konflik dengan Orang Lain? Simak 3 Cara Berikut untuk Mengatasinya!

31 Desember 2021   12:51 Diperbarui: 31 Desember 2021   13:36 139 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menjalani kehidupan sehari-hari tidak lepas dari namanya Konflik. Anda pasti pernah masuk atau terlibat suatu konflik dengan orang lain, dari keluarga, teman atau sahabat maupun dengan kekasih. Hal tersebut sudah wajar untuk dialami oleh setiap manusia, tanpa adanya konflik maka tidak ada pembelajaran dalam menjalin suatu hubungan. Adapun orang mengatakan konflik sebagai bumbu pemanis dalam hidup untuk mencegah kita menjalani hidup secara hambar.

Setiap individu memiliki perbedaan, baik dari segi sikap atau perilaku, fisik maupun mental dan lain sebagainya. Terjadinya perbedaan antara keinginan atau kebutuhan suatu individu antara pihak lain sehingga menyebabkan terjadinya perdebatan atau pertentang, itulah yang disebut sebagai Konflik Antar Pribadi.

Donohue dan Kolt (1992) mengatakan bahwa konflik merupakan situasi dimana seorang individu berusaha untuk menyampaikan dan mewujudkan keinginannya akan tetapi mengalami gangguan dari berbagai hal terutama dari orang lain untuk mencapai tujuannya.

Banyak cara setiap orang untuk bisa mengatasi konflik, ada yang menggunakan tindakan fisik dengan melakukan kontak secara langsung dengan lawan interaksinya atau pun menyerang secara lisan, berupa gertakan atau meruntukkan mental lawan untuk tunduk pada keputusannya.

Setiap orang pasti telah mengalami konflik, rata-rata yang paling banyak untuk kita lihat ketika sepasang kekasih yang telah menjalin hubungan. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya konflik diantara sepasang  kekasih tersebut, mungkin sikap tidak dewasa, perdebatan, serta pengambilan keputusan yang salah saat melakukan sebuah perundingan.

Berikut cara bagaimana untuk mengatasi konflik secara umum yang dapat dilakukan oleh setiap orang.

  • Melakukan diskusi

Cara efektif untuk menyelesaikan sebuah konflik yaitu dengan melakukan sebuah diskusi. Diskusi bertujuan untuk menyelesaikan konflik secara penyampain lisan untuk mendapatkan hasil yang baik agar bisa mengakhiri konflik tersebut. Mulailah tentukan posisi atau letak tempat yang bagus untuk saling berbicara, cari tempat nyaman ataupun yang tenang untuk bisa leluasa menyampaikan setiap keputusan yang ingin dilakukan.

  • Menjadi pendengar yang baik kepada lawan bicara

Saat kedua pihak menyampaikan pendapatnya, usahakan untuk menjadi pendengar yang baik dan tidak memotong setiap dari pembicaraanya. Beri kesempatan kepada lawan bicara anda atau seseorang yang sedang berkonflik dengan anda untuk mengutarakan pendapatnya, dengan begini maka anda akan bisa memahami dan mendapatkan solusi untuk menyelesaikan konflik tersebut.

  • Saling memaafkan

Saat ingin menyelesaikan sebuah konflik, anda harus bisa menahan emosi dan mengontrol perkataan serta tindakan anda. Pengotrolan emosi yang baik akan membawa anda untuk bisa memaafkan lawan bicara anda atau pun orang yang sedang berkonflik dengan anda.

Semua orang tidak akan bisa menyelesaikan sebuah konflik tanpa adanya ketenangan maupun intropeksi diri sebelumnya. Begitu juga semua orang tidak pernah tidak mendapatkan konflik didalam hidupnya. Ada berbagai macam konflik dalam hubungan antar pribadi yang terjadi didunia, ada yang dapat diatasi maupun tidak dapat diatasi. Semua tergantung bagaimana cara anda dalam memandang, dan setidaknya anda telah melihat tips umum  yang telah diberikan untuk bisa mengatasi sebuah konflik dalam hubungan dengan orang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan