Mohon tunggu...
Purnomo WahyuMurti
Purnomo WahyuMurti Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Sebelum One Piece Tamat Saya Tidak Ingin Mati

14 September 2022   11:07 Diperbarui: 14 September 2022   11:14 222 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

One Piece adalah sebuah seri Manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda. Sebuah Manga dan Anime yang menceritakan tentang petualangan sekelompok bajak laut dalam mencari harta karun legendaris, One Piece.Manga ini telah dimuat di majalah Weekly Shnen Jump milik Shueisha sejak tanggal 22 Juli 1997, dan telah dibundel menjadi 103 volume tankbon hingga Agustus 2022.

Banyak hal yang membuat One Piece menjadi begitu istimewa untuk dinikmati para penggemarnya selama bertahun-tahun. One Piece disebut sebagai manga terlaris dan terpanjang yang pernah ada. Namun apasih yang membuat One Piece menjadi begitu istimewa membuat banyak orang menantikan dan takut jika meninggal sebelum One Piece itu tamat. 

One Piece sebenarnya berangkat dari premis yang biasa saja mengisahkan tentang seorang pemuda yang ingin menjadi Raja Bajak Laut, berpetualang untuk mendapatkan harta legendaris. Pemuda tersebut bernama Mongkey D Luffy yang menjadi Bajak Laut Topi Jerami dan teman-teman krunya yang satu persatu Luffy temukan diperjalanannya. Namun begitu jeniusnya Oda dalam menulis Manga yang membuat penggemarnya terus mengikuti salah satunya karena One Piece itu sendiri belum diketahui harta seperti apa, karena sudah 25 tahun manga ini ditulis hanya ada sedikit klu dari Oda Sensei mengenai harta One Piece, yaitu Harta yang ditinggalkan Gold D Roger mantan Raja Bajak Laut, dan harta tersebut berada di Laugh Tale atau Pulau terakhir yang ada di peta dunia One Piece.

Kenapa manga ini begitu spesial dan terus dinantikan kelanjutannya, karena konten dan substansinya. Oda membuat dunia One Piece itu benar benar mirip dengan Dunia yang kita tinggali, semua soal kebenaran, kebaikan, kebajikan, kebatilan , kesalahan, itu dinilai dari berbagai perpektif baik dari subjektif, objektif maupun konteks.

Dalam dunia one piece semuanya tidak ada yang berjalan hitam putih, Luffy sebagai tokoh protagonis namun tidak semua bajak laut adalah protagonis atau tokoh baik, dan Pemerintah Dunia beserta Marine sering dianggap menjadi peran Antagonis, namun apakah semua Angkatan laut adalah jahat, tidak juga. Tokoh baik ada dipihak jahat, dan tokoh jahat ada dipihak baik adalah hal yang sangat lumrah di dunia one piece, dan sangat relate dengan kehidupan kita yang nyata.

Menurut saya Anime atau manga ini tertalu kaya akan referensi dan terlalu kompleks untuk bisa dibuat oleh manusia normal. Cerita ini sering mengacu dari kejadian, pemikiran atau pemahaman, dan situasi dan kondisi kehidupan realita, seperti sistem pemerintahan, ideologi, politik, sosial budaya, pop culture, humaniora, sejarah, konflik sosial dan sebagainya. Semua hal itu terangkum dengan begitu apik dan rapi dalam alur cerita panjang One Piece.

Manga ini sangat kaya dari pembagian karakter oleh Oda, hampir tidak ada hal yang luput dari penggambaran Oda sensei. Selain mengandung unsur komedi, dalam anime ini juga banyak unsur dramatis dan sangat menyentuh hati para penggemarnya, banyak air mata yang harus ikut jatuh dari para pembaca atau penonton one piece ini, seperti momen kematian Hiken no Ace diperang Moarienfood. 

Masih terlalu banyak teka teki yang belum diberitahu oda jawabannya, dan masih terlalu banyak hal menarik yang harus ditunggu, itu yang membuat para penggemarnya sering menebak nebak apa kelanjutan dari cerita manga ini. Karena masih banyak jawaban yang ingin saya ketahui itulah yang membuat saya dan banyak orang penggemar one piece tidak ingin mati konyol terlebih dulu sebelum melihat akhir dari cerita One Piece. Dan saya turut berduka untuk nakama semua yang mungkin sudah diambil nyawanya terlebih dulu oleh sang Maha Kuasa sebelum mengetahui ending dari cerita ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan