Mohon tunggu...
Purnama Tambunan
Purnama Tambunan Mohon Tunggu... Badminton Lover

""Hidup adalah soal keberanian, menghadapi yang tanda tanya" tanpa kita mengerti, tanpa kita bisa menawar. Terimalah dan hadapilah." (Soe Hok Gie)

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Pebulu Tangkis yang Lolos ke Olimpiade Rio

5 Mei 2016   19:48 Diperbarui: 6 Mei 2016   13:22 1023 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pebulu Tangkis yang Lolos ke Olimpiade Rio
vinicius-maskot-olimpiade-rio-572c2ac4717a61071954b779.png

Vinicius, Maskot Olimpiade Rio (Sumber: http://www.rio2016.com/)

Seperti biasa, setiap Kamis, BWF (Badminton World Federation, federasi bulu tangkis dunia) mengeluarkan daftar peringkat dunia pebulu tangkis. Namun, Kamis kali ini menjadi tidak biasa. Daftar peringkat yang dikeluarkan BWF hari ini bukan sekadar daftar untuk mengetahui posisi terkini pebulu tangkis di dunia. Daftar peringkat kali ini merupakan daftar peringkat yang digunakan BWF untuk menentukan pebulu tangkis yang berhak tampil di Olimpiade Rio nanti.

Selepas kejuaraan kontinental minggu lalu, pebulu tangkis yang berhak tampil di Rio sudah bisa diprediksi. Pun demikian, daftar peringkat yang dikeluarkan BWF tetap menjadi acuan resmi. Berikut ini daftar pebulu tangkis yang lolos ke Olimpiade Rio. Namun, perlu dicatat, ini bukanlah daftar final karena belum memperhitungkan dua kuota untuk tuan rumah di nomor tunggal dan belum memperhitungkan 6 kuota untuk Tripartite Commission Invitation (kuota untuk negara yang memiliki sedikit atau tidak memiliki atlet yang lolos kualifikasi Olimpiade) di nomor tunggal.

Tunggal Putra

Daftar pebulu tangkis tunggal putra yang lolos ke Olimpiade Rio tampak seperti gambar 1.

1-gambar-rank-ms-572c2b72717a61dd1954b756.jpg
1-gambar-rank-ms-572c2b72717a61dd1954b756.jpg
Peringkat Dunia Tunggal Putra (Sumber: http://bwf.tournamentsoftware.com/ranking/ranking.aspx?rid=176)

Tanpa memperhitungkan pebulu tangkis yang bermain rangkap, pada nomor tunggal putra tersedia 38 kuota (34 kuota berdasarkan peringkat dunia dan keterwakilan benua + 1 kuota tuan rumah + 3 Tripartite Commission Invitation). Bila ada pebulu tangkis yang bermain rangkap, kuota di nomor tunggal putra dapat bertambah.­­­­

Untuk sementara, 37 pebulu tangkis tunggal putra lolos ke Rio: 34 kuota berdasarkan peringkat dunia dan keterwakilan benua + 3 kuota tambahan karena ada tiga pebulu tangkis putra, Michael Fuchs (Jerman), Phillip Chew (Amerika Serikat), dan Zhang Nan (China), yang lolos kualifikasi di dua nomor (ganda putra dan ganda campuran).

Pebulu tangkis tuan rumah, Ygor Coelho de Oliveira, lolos berdasarkan peringkat dunia. Dengan demikian, kuota di nomor tunggal putra akan bertambah satu untuk menggantikan kuota Ygor yang lolos berdasarkan peringkat dunia ini.

Indonesia meloloskan satu wakil, Tommy Sugiarto. China, Denmark, Hongkong, dan Korea Selatan meloloskan dua wakil.

Tunggal Putri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x