Latar Belakang
guru cukup puas dalam menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dalam mengajarkan materi IPA hanya menyampaikan ranah pengetahuan jarang dipraktikkan. Sementara  pembelajaran saat ini lebih berpusat kepada anak dimana pembelajaran tidak berhenti dipemahaman saja namun anak dilibatkan langsung hingga akhirnya anak bisa menemukan hubungan antara materi dengan situasi dalam kehidupan nyata.
Praktik ini penting untuk dibagikan karena, saya kira banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permaslahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi refrensi guru lain untuk perkembangan proses pembelajaran yang lebih baik.
Tantangan yang dihadapi
Tantangan yang dihadapi melibatkan guru yaitu dari sisi kompetensi pedagogik dan profesional dimana guru harus mampu menentukan metode dan model pembelajaran serta penggunaan media yang tepat sehingga nantinya guru mampu memfasilitasi peserta didik yang sedang melaksanakan ekperimen proses fotosintesis sehingga anak menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran Â
Langkah – langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:
- Langkah yang pertama saya lakukan sesuai dengan tantangan yang dihadapi adalah Koordinasi dengan kepala sekolah terkait sarpras sekolah apakah nantinya memungkinkan untuk menggunakan media pembelajaran yang berbasis TPACK
- Melakukan wawancara dengan teman sejawat untuk mendapatkan solusi terkait model, metode serta media yang digunakan dan kapan sebaiknya dilakukan pembelajaran
- Mengkaji hasil literatur
Strategi yang digunakan:
- Strategi guru dalam menetukan metode pembelajaran yaitu guru mempelajari metode – metode dalam pembelajaran  yang disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan dasar peserta didik disini guru menggunakan metode tanya jawab, diskusi, dan ekperimen.
- Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan  model pembelajaran adalah dengan mempelajari materi pembelajaran serta capaian kompetensi. Disini guru memilih model pembelajaran PjBL
- Strategi yang dilakukan dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media yang sesuai dengan materi pembelajaran serta yang dikuasai guru baik dalam pembuatan dan juga pengoperasiannya dalam proses pembelajaran. Disini guru menggunakan media power poin dan vidio pembelajaran
- Strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak adalah dengan merancang modul ajar yang pembelajarannya berpusat pada anak. LKPD Â yang dibuat dapatmengaktifkan murid dalam proses pembelajaran serta sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Proses pembelajaran:
- Proses pembelajaran yang dilakukan adalah
- sebagai berikut:
- Guru mengajukan beberapa pertanyaan
- Membagi peserta didik dalam 4 kelompok yang terdiri dari 3 anak dalam satu kelompok
- Peserta didik bersama guru merencanakan proyek yaitu membuat vidio ekperimen
- Peserta didik melakukan percobaann tentang tentang proses fotosintesis
- Setiap kelompok mengemukakan pendapatnya terkait hasil / temuan dalam melakukan percobaan proses fotosintesis.
Yang terlibat
Yang terlibat dalam hal ini adalah guru, rekan guru dan kameramen dalam dalam pengambilan vidio selama kegiatan berlangsung
Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan: