Mohon tunggu...
Pulo Siregar
Pulo Siregar Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pegiat Advokasi Nasabah

Pegiat Advokasi Nasabah melalui wadah Lembaga Bantuan Mediasi Nasabah (LBMN). Pernah bekerja di Bank selama kurang lebih 15 tahun. Penulis buku BEBASKAN UTANGMU. Melayani Konsultasi/Advokasi Nasabah. WA: 081139000996 Email: lembagabantuanmediasi@gmail.com Website: www.medianasabah.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan

3 Bank Tuntas dalam Sehari (Membantu Nasabah Menyelesaikan Masalahnya 14)

24 Oktober 2011   11:16 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:34 4612
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Meskipun sifatnya membantu, akan tetapi selain sudah berhasil melakukan negosiasi dengan pihak Bank, adakalanya juga kami harus turut memutar otak untuk mengakomidir keinginan nasabah yang kami bantu mengatasi keterbatasan waktu yang dimilikinya.

***

Salah satu contohnya adalahnasabahHR (namanya disamarkan). Karena domisilinya di Tasikmalaya, dia meminta mengatur waktu sedemikian rupa,supaya 3 bank yang sudah berhasil dinego yaitu Mandiri, GE dan Citibank selesai dalam 1 hari, sehingga dia bisa pulang pergi dalam 1 hari.

***

Guna memenuhi permintaan tersebut, diaturlah perencanaanya supaya minimal jam 8 pagi sudah ada di Bank Mandiri, lebih awal lebih baik supaya bisa dapat antrian pertama untuk dilayani. Setelah selesai dari Bank Mandiri akan dilanjutkan ke GE, setelah itu dilanjutkan lagi ke Citibank.

***

Sekitar pukul 7.30 pada hari yang disepakati, yang bersangkutan sudah mengirim pesan singkat yang isinya menginformasikan bahwa yang bersangkutan sudah berada di sekitar Bank Mandiri. Ternyata meskipun dia dari jauh, malah dia yang duluan tiba di tempat.

Untungnya rekan saya yang bertugas mendampinginya sudahakan tiba juga dalam waktu yang tidak terlalu lama, sehingga dapat dipastikan pelaksanaanya akan sesuairencana.

***

Karena langsung yang pertama dilayani, maka hanya kurang dari 1 jam setelah penyetoran ke tellerSurat Keterangan Lunasnya sudah ada ditangan HR. Dan sesuai rencana habis dari banktersebut, langsung berlanjut ke GE.

***

Pendek cerita, tepat pada pukul 14.31 yang bersangkutan mengirim sms ke saya yang isinya kurang lebih menyampaikan informasi bahwaurusan dengan 3 bank tersebut telah selesai. Dan sudah bisa langsung pulang menuju ke Tasik. Yang bersangkutan juga menyampaikan ucapan terima kasih dan minta maaf telah banyak merepotkan.

Dia mengirim SMS, karena yang mendampingi dia ke Bank bukan saya tapirekan saya. Seperti biasa, karena kesibukan rutin yang tidak bisa saya tinggalkan, untuk pelaksanaan di lapangan saya biasanya mendelegasikannya ke rekan-rekan lain yang waktunya longgar.

***

Tentu tidak begitu saja semuanya itu bisa terjadi. Prosesnya panjang. Hal yang bisa dilihat dari proses awal hingga akhir berikut ini.

Bermula dari sebuah email yang isinya seperti ini:

Yth. Bapak Pulo Siregar,

Sebenarnya saya sudah pernah mengirimkan email yang sama kemarin kepada Bapak, namun melalui kirim pesan di Kompasiana.

Saya pernah memiliki 3 kartu kredit yaitu Citibank, Mandiri (2kartu 1 limit) dan Kartu Belanja Carrefour (GE) serta 1 KTA yaitu Citibank Personal Loan.

Dimulai dari 4 tahun yang lalu, saya resign dari perusahaan tempat saya kerja karena menikah dengan orang Cilacap. Singkat cerita, saya akhirnya mengalami kesulitan ekonomi sejak itu. Dan kewajiban saya akibatnya terabaikan hingga saat ini.

Beberapa hari yang lalu, saya dapat kabar bahwa saudara saya yang di Dexxx (dahulu jadi data informasi keluarga terdekat yang bisa dihubungi) didatangi oleh debt collector yang mencari2 saya, dan saya sangat tidak enak hati mengenai hal ini.

Untuk itu pak Pulo, saya mohon solusi mengenai masalah saya ini. Sebagai informasi tambahan tentang data kartu dan tunggakan saya sbb:

1. Citibank (4541 7910 5086 xxxx) tagihan terakhir kurang lebih Rp 4 juta

2. Mandiri (Visa 4137 1803 0576 xxxx) dan (Master 5126 7603 0012 xxxx) ==> 1 limit diberi 2 kartu dengan tagihan terakhir saya lupa tepatnya namun dibawah tagihan Citibank

3. Kartu Belanja Carrefour /GE (5189 4390 4717 xxxx) dengan tagihan terakhir berupa cicilan 0% bulan terakhir sebesar kurang lebih Rp 250 ribu.

4. Citibank Personal Loan/KTA (611654xxxx) berupa pinjaman sebesar Rp 7 juta untuk dicicil selama 3 tahun dan sudah dicicil beberapa bulan awal.

Saya tidak tahu mau mulai darimana untuk menyelesaikan masalah ini pak, ketiga kartu kredit tersebut sudah expired sejak tahun 2008 yang lalu dan tentang KTA saya juga tidak tahu mau mulai dari mana. Sebab pada dasarnya sejak saya pindah kota, alamat surat menyurat saya tidak perbaharui sehingga memang saya lost contact.

Namun pada dasarnya diawal pernikahan, saya tetap memenuhi kewajiban saya pada Bank DKI karena pada saat saya masih kerja, saya mendapatkan Pinjaman untuk saya gunakan menikah sebesar Rp 28 juta yang alhamdulillah sudah saya selesaikan selama 3 tahun di tahun 2010 yang lalu sudah beres dan sudah dapat surat lunas dari bank ybs.

Saya mohon Pak Pulo dapat membantu saya, saya akan berusaha semaksimal mungkin mengikuti semua saran pak Pulo dan saya yakin Pak Pulo dan Perusahaan Bapak merupakan tempat terbaik bagi penyelesaian masalah saya ini. Saya mohon bantuan mediasinya pak, dengan harapan mudah2an kalau memang memungkinkan saya bersedia melunasi seluruh tagihan tersebut sekuat saya pak. Sehingga saudara saya yang di dexxx tidak diganggu penagih lagi.

Sebagai informasi tambahan pak,

Nama Lengkap: dst

Tanggal Lahir: dst

Nama Ibu Kandung: dst

Nomor HP:dst

Demikian surat permohonan bantuan dan mediasi ini saya buat pak Pulo, dengan harapan masalah saya ini dapat diselesaikan dengan baik dan segera dengan solusi dari Bapak.

Terima kasih yang sebesar-besarnya

Jawaban dari saya atas Email tersebut, yang lalu berlanjut secara interaktif, baik melalui email maupun via sms seperti yang ada berikut ini.

Saya turut prihatin atas kendala yg sedang dihadapi HR. Masalah utang ke bank ini memang tidak bisa diabaikan karena mereka akan menghitung, menghitung dan menghitung termasuk menagih, menagih dan menagih. Kalau belum ketemu skrg suatu saat mereka pasti akan temukan. Hanya masalah waktu saja karena mungkin mendahulukan yg lain.

Saya memang sependapat kalau HR berniat utk menyelesaikannya karena biar bagaimanapun hutang harus dibayar. kalau memang HR mempercayakan kami utk memediasi dgn pihak bank langkah pertamanya adalah memberikan surat kuasa utk masing2 bank tersebut. Dengan adanya surat kuasa itu kami akan lakukan pendekatan dengan pihak bank, kalau mau melunasi berapa persen diskon yg paling bijaksana yg bisa diberikan bank. Kalau mencicil lagi kami memang tidak rekomendasikan karena selain harus ada dp udah itu angsurannya akan tetap dihitung bunga. Jadi sepertinya akan berat lagi nantinya. Lebih baik kalau ada dana satu-satu dilunasi. Atau kalau boleh tau dana yg udh bisa dialokasikan utk membayar hutang2 tsb gmn kondisinya? Spy kami bisa ngasih saran yg mungkin lebih sesuai

Terima kasih atas perhatiannya Pak.

Untuk surat kuasa saya bersedia membuatkannya, apakah ada contoh format surat kuasa yang dimaksud pak? jadi bisa saya copy, isi, print dan langsung saya kirimkan ke Bapak siang ini juga? dan berapa lembar materai yang harus saya sediakan? Alamat kirim surat kuasa itu lengkapnya kemana pak? Apalagi yang harus saya siapkan? kalau KTP jakarta saya sudah expired pak, sekarang saya berKTP Tasikmalaya.

Untuk dana pelunasan, saya siap menjual motor pribadi saya yang sudah saya miliki BPKBnya, nilai motor tersebut antara Rp 9juta - Rp 10juta. Jika memungkinkan, alangkah baiknya jika pelunasan itu dialihkan seluruhnya ke satu bank pak, sehingga mempermudah saya mengurusnya kelak bersama bapak di Jakarta, sebab jika harus bolak-balik jakarta terus terang berat di ongkos ke sayanya pak. Tapi saya percayakan bagaimana baiknya kepada bapak saja.

Terima kasih

Contoh surat kuasa terlampir

Penerima kuasa dikosongin aja dulu. nanti kami isi sendiri siapa yang waktunya tersedia

Meterainya langsung dilekatkan pada masing-masing surat kuasa. Tidak perlu ada tambahan lagi.

copy ktp dikirim aja dua-duanya, yang expired sm yang berlaku sekarang

pelunasan tidak bisa disatukan di satu bank, karena masing-masing bank punya ketentuan sendiri-sendiri.

Surat kuasa dan copy ktp dikirim ke:

(Alamat lengkap penerima disebutkan.)


Teknisnya nanti, setelah adanya surat kuasa, kami akan melakukan mediasi ke  masing-masing bank. Hasilnya kami langsung informasikan. Kalau misalnya hasilnya bisa ditindaklanjuti, tinggal ngatur waktunya kapan bisa datang ke jakarta untuk menyetor langsung dananya, sekaligus menerima surat keterangan lunasnya.
Kalau merasa belum bisa, ditunda aja dulu sampai dananya cukup. Atau barangkali satu-satu dulu, mana yang bisa diselesaikan, diselesaikan, yang belum bisa belakangan hingga dananya cukup.

Baik pak Pulo.

Data Pemberi Kuasa sudah saya isi lengkap sesuai KTP

Nama Bank dan Nomor Kartu/KTA juga sudah diisi lengkap

Materai juga sudah lengkap dan sudah saya tandatangani

Langsung saya kirim via JNE, insyaAllah besok siang sudah bisa bapak terima dokumennya.

Mudah2an bisa mendapatkan solusi yang terbaik buat semua.

***

(Selangsehari dua hari setelah surat kuasa diterima, saya menyampaikan laporan hasil nego sementara)

Hasil nego sementara dengan pihak Bank Mandiri, kalau mw melunasi dikasih diskon 70 persen. Ttl kewajiban smp bulan ini sudah pada posisi 44 jt. Jd kalau melunasi kurang lebih harus 11 jt an. Kita lg berusaha nego spy bisa turun lagi. Tapi biasanya ga jauh2 dari sekitar itu. Mungkin jadi 10 jt an paling. Skrg tergantung HR

Wah besar sekali ya pak, padahal tagihan terakhir mandiri gak lebih dari 4juta. Apalagi yg citibank, tampaknya bisa lebih besar lagi pak. Kemungkinan sy tidak bisa melunasi sekaligus pak, mungkin satu persatu. Mudah2an bisa ditambah diskonnya pak, sebab jika 1 bank saja nilainya sebesar itu, sy jadi pesimis lagi pak. Terima kasih.

Itu dia pak HR. Memang utang2 spt ini pertumbuhannya sangat cepat mengenai tambahan diskonnya biasanya  sangat tipis kemungkinannya ada tambahan lagi. Skrg semuanya sy kembalikan ke pak HR lg

Pak Pulo,


Kalau salah satu saya tunda pelunasannya, maka akan bertambah besar lagi ya tagihan saya? baik citibank maupun mandiri? untuk citibank saya bersedia mencarikan uangnya secepat mungkin, cuman klo untuk
mandiri sangat diluar akal sehat saya pak, sangat tidak bijak karena citibank saja lebih kooperatif.

Mengenai GE, apakah dari tagihan terakhir cicilan 0% saya sebesar 250rb juga akan menggila seperti mandiri pak? saya khawatir jika GE juga akan menjadi-jadi tagihannya.

Pertumbuhan kredit macet kartu kredit sama kta biasanya sama. Biarpun mandiri, citibank,GE, HSBC dll. Yg berbeda adalah pemberian kebijakan kl nasabah mw menyelesaikan.

Pak Pulo,

Untuk yang mandiri kira-kira bisa gak saya lunasi 50%nya, nanti dengan surat perjanjian saya lunasi sisanya kira2 6 bulan kemudian? Saya sedang usahakan mencari pinjaman tambahan untuk bisa melunasi
semuanya, hanya saja yang GE masih menggantung kabarnya.

Untuk yang GE kira-kira apakah besok bisa dapat kabarnya pak?

Dari pengalaman pak Pulo, apakah GE cukup bijak seperti halnya citibank terhadap kredit macetnya?

Dari mandiri ada juga tawaran bisa dicicil selama 6 bulan tapi diskonnya hanya 50 persen. Artinya kuang lebih 3,6 jt per bulan. Bs ga kira2? Kl bisa bisa pilih yg allternatif yang seperti itu.

Sekalian ngasih informasi. Tadi udah ada hasil dari Citibank. Yg. Kartu kredit Citibank bilingya 9 jt. Kl mw dilunasi 4 jt. Yg kta 18 jt an. Kalau dibayar lunas 5 jt. Kebijakan tersebut hanya berlaku 2 hari. Kalau yg mandiri tadi berlaku hingga akhir bulan ini.

Total 9 juta pak ya? Ini lebih bijak dibandingkan mandiri pak. Oke pak. Utk yg GE gimana pak?

Maksudnya saya cari pinjamannya klo bisa sekalian gitu pak, klo memungkinkan untuk melunasinya semua.

Citibank + Mandiri = 19 juta ya pak?

Untuk yang citibank, maksudnya dalam 2 hari harus sudah saya lunasi atau bagaimana pak? untuk yang citibank saya oke pak.

Maksudnya batas waktu kebijakannya. Klw yg citibank batas waktunya 2 hari. Artinya lewat dari 2 hari tersebut kebijakannya yg diskon 70 persen tadi  bisa batal atau tidak berlaku lagi. Jadi harus nego baru lagi. Kl yg mandiri bisa berlaku sampai akhir bulan ini.

YangGE udah adainformasi. kl melunasi bisa 1,6 juta .  Batas waktu kebijakan tsb  dikasih waktu 2 hari.

Jadi udh semua tinggal dari p HRnya aja mengenai kelanjutannya.

***

Selamat Pagi Pak Pulo,

Pak, untuk pelunasan Citibank dan GE apakah dapat dilakukan di hari Senin besok? Maaf sebelumnya pak, sebab saya mendapatkan uangnya baru hari Sabtu besok.

Tolong dibantu pak, hari Senin saya berangkat dinihari ke Jakarta, sehingga saya bisa sampai jakarta sepagi mungkin dan langsung menuju ke kantor bapak.

Untuk yang mandiri, saat ini uangnya belum ada pak. Jadi saya utamakan dahulu untuk Citibank dan GE.

Kalau memang bisanya hari senin gpp. Nt kami bilangin ke phk banknya.
Utk menghemat waktu, langsung aja ketemu dibanknya. Dari GE dulu nanti baru ke citibank. Yg citibank dua-duanya kan? supaya pas pihak citibank nanyain kami bisa jawab.

iya pak Pulo, hari Senin dinihari saya ke Jakarta untuk melunasi 2 bank pastinya, yaitu:


  1. Citibank (kartu+KTA) sebesar 9juta
  2. GE sebesar 1,6 juta.

jadi total untuk 2 bank sebesar 10,6juta.

Sedangkan untuk mandiri nanti saya kabari lagi bisa atau tidaknya sekalian di hari Senin tersebut.

Nanti saya bertemu dengan pak Pulo langsung? mulai dari bank mana?
karena saya tidak tahu alamat masing-masing bank tersebut.

Rencananya dimulai dari yg GE dulu. Setelah dari GE baru citibank. Nanti kalau mandiri juga bisa berarti mandiri dulu aja. Kl yang mandiri ada disekitar bundaran HI kalau yg GE ada di sekitar Bendungan hilir. Habis itu nanti ke Citibank yang di pondok indah.

Selamat siang pak Pulo.

Alhamdulillah, uang untuk mandiri sudah saya peroleh pak.
Jadi hari senin besok saya akan menyelesaikan semuanya.
Citibank 9 juta, Mandiri 10 juta dan GE 1,6 juta.
Total 20,6 juta.

Hari senin besok saya menuju kemana alamatnya pak? saya sampai jakarta pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB dan kemungkinan saya dari terminal bis rambutan atau dari UKI. Nanti begitu sampai ditempat, saya hubungi
siapa dan berapa nomor HPnya?

Untuk surat pernyataan, saya buat berapa lembar pak? Citibank ada kartu dan KTA apa disatukan saja? Mandiri ada 2 kartu, disatukan juga?

kartu-kartu kredit expired yang saya miliki apa perlu saya bawa pak?

KTP lama juga perlu saya bawa?

Kira-kira kalau kita start jam 09.00 WIB, kemungkinan selesai semuanya jam berapa pak? sebab saya harus segera kembali ke tasikmalaya agar tidak terlalu malam sampai di tasik.

Kalau sendiri ke bundaran bisa ga? Spy ketemu di situ nanti mau ke mandiri. Setelah itu baru ke GE udh baru ke citibank. Nanti diasiapin aja permohonan utk masing2 bank. Satu bank satu permohonan aja tapi disebutkan nomor2 kredit atau kta nya. Kl jam 8 udh dimandiri diperkirakan sehari selesai. Maksudnya kalau cepat datangnya urutannya bisa lebih awal

Bisa pak, Mandirinya di gedung apa ya? dari bundaran HI dekat?
Nanti saya hubungi siapa? Saya usahakan jam 8 sudah sampai disana.

Kl dr bundaran hi udh bisa jalan kaki. Langsung kelihatan ko dari bundaran hi karena gedungnya tinggi. Kl mw naik ojek paling 5 ribu karena ada juga ojeg disekitar bundaran hi itu. Nanti bukan saya yg dampingi krn hari senin sy ada kesibukan. Yg dampingi namanya herna, kebetulan juga dia yg handle semua yg punya HR. Nt sy kasih nomor hpnya spy bisa saling komunikasi.

***

Seterusnya, seperti saya ceritakan di bagian awal, semuanya berjalan sesuai yang direncanakan.

Puncak penyelesaian di 3 Bankbisa dituntaskan dalam 1 hari, membuat seseorang yang dari tempat jauh seperti Tasikmalaya bisa pulang pergi.

***

Saya merasa perlu menulis contoh kasus seperti ini, barangkalisupaya bisa menjadibahan referensi bagi teman-teman yang berada di luar kotaJakarta yang ingin dibantu, bahwa seperti inilah cara kami. Proses atau langkah-langkah yang terkait dengan  mediasi perbankan  yang kami lakukan. Mudah-mudahan bermanfaat.

***

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun