Mohon tunggu...
Dokter Andri Psikiater
Dokter Andri Psikiater Mohon Tunggu... Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Psikiater dengan kekhususan di bidang Psikosomatik Medis. Lulus Dokter&Psikiater dari FKUI. Mendapatkan pelatihan di bidang Psikosomatik dan Biopsikososial dari American Psychosomatic Society dan Academy of Psychosomatic Medicine sejak tahun 2010. Anggota dari American Psychosomatic Society dan satu-satunya psikiater Indonesia yang mendapatkan pengakuan Fellow of Academy of Psychosomatic Medicine dari Academy of Psychosomatic Medicine di USA. Dosen di FK UKRIDA dan praktek di Klinik Psikosomatik RS Omni, Alam Sutera, Tangerang (Telp.021-29779999) . Twitter : @mbahndi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Apa itu Consultation-Liaison Psychiatry ?

17 Agustus 2011   02:41 Diperbarui: 26 Juni 2015   02:43 2467 0 1 Mohon Tunggu...

Oleh : dr.Andri,SpKJ

Beberapa kali saya pernah menulis tentang Consultation Liaison Psychiatry (CLP) tetapi ternyata tidak semua orang mengenal apa sebenarnya barang yang sering disingkat CLP ini. Bahkan banyak dokter pun tidak mengetahui. Hal ini sangat wajar karena sebagai suatu subspesialisasi yang paling baru dikenal di Amerika Serikat sekalipun, bidang CLP ini baru resmi secara formal diakui tahun 2003 oleh American Psychiatric Association. Namun demikian bidang ini sebenarnya sudah berkembang sejak tahun 1930an di Amerika Serikat dan organisasi untuk para psikiaternya di bawah Academy of Psychosomatic Medicine telah ada sejak tahun 1959.

Definisi

Consultation-Liaison Psychiatry adalah suatu cabang bidang ilmu kedokteran jiwa (psikiatri) yang bekerja dengan memberikan pelayanan psikiatri pada pasien dengan kondisi medis umum yang mengalami gangguan kesehatan jiwa akibat kondisi medisnya.Pada perkembangannya bukan hanya mencakup pelayanan medis, tetapi juga pendidikan dan penelitian.

Beberapa contoh kerja sama adalah

1. Seorang psikiater yang bersama-sama dengan dokter saraf menangani pasien stroke yang juga mengalami depresi pasca stroke.

2. Psikiater bekerja sama dengan dokter obstetri ginekologi menangani kasus-kasus depresi pasca melahirkan, baby blues, infertilitas (kemandulan) dan depresi pada menopause.

3. Psikiater bekerja sama dengan dokter penyakit dalam menangani kasus-kasus kencing manis (diabetes) yang erat kaitannya dengan depresi

4. Psikiater bekerja sama dengan dokter bedah pada kasus-kasus operasi estetika yang berlebihan, kondisi luka bakar dan amputasi.

5. dll

Intinya dalam praktek sebagai seorang psikiater CLP, psikiater selain bekerja mandiri sebagai pelayanan kesehatan jiwa di RSU juga bekerja sebagai seorang konsultan yang bekerja sama dengan teman sejawat lainnya. Salah satu nilai yang penting adalah semangat kolaborasi untuk menciptakan layanan yang menyeluruh dan tepat.

Demikian sekilas tentang Consultation Liaison Psychiatry.

Salam Sehat Jiwa

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x