Mohon tunggu...
Dr. Priscilla Johanna
Dr. Priscilla Johanna Mohon Tunggu...

I'm single and very happy :)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Anggap Sepele! Gangguan Kulit Kepala Berikut Ini!

7 Juni 2017   14:29 Diperbarui: 7 Juni 2017   14:53 508 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Anggap Sepele! Gangguan Kulit Kepala Berikut Ini!
source: http://iatropedia.com

Gangguan Kulit Kepala -- Biasanya ketika merasakan gatal di area kepala Anda akan menggaruknya sampai rasa gatal tersebut hilang atau mungkin Anda akan keramas setiap hari dengan asumsi akan membuat kulit kepala menjadi bersih dan tidak akan merasakan gatal kembali. Apakah benar demikian yang tadi saya utarakan? Jika, iya. Harus Anda ketahui bahwa kedua cara tersebut tidak selamanya dapat ampuh untuk mengusir rasa gatal di kepala Anda. 

Nah, tahukah Anda bahwa beberapa gangguan kulit kepala muncul bukan karena tingkat kehigienisan pribadi yang rendah saja; namun juga bisa dipicu oleh adanya penyakit parah dalam tubuh? Mungkin sepele, tapi sebaiknya Anda kenali masalah gangguan kulit kepala yang harus mendapatkan perhatian lebih berikut ini: 

1. Ketombe

Ketombe; gangguan kulit kepala yang sangat umum dialami oleh setiap orang. Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab munculnya ketombe? Ternyata, ketombe dapat dipicu oleh tumbuhnya jamur di beberapa area tubuh yang berfolikel rambut lebat, seperti kulit kepala. Selain itu, jamur juga dapat berkembang dengan pesat jika banyak terdapat sel kulit mati serta minyak berlebih di kulit kepala. Karenanya, minimalisir proses berkembangbiaknya jamur dengan menggunakan sampo yang mengandung selenium, zinc pyrithione, atau tea--tree oil.

2. Psoriasis kulit kepala

Jika Anda atau kerabat mengeluhkan kulit kepala yang terasa tebal dan berkerak, serta sering mengeluarkan bercak darah setiap kali digaruk; maka, segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat. Mengapa? Sebab kondisi di atas merupakan gejala penyakit psoriasis.

Psoriasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya kesalahan pada sistem kekebalan tubuh yang malah balik menyerang kulit kepala. Karenanya, jangan anggap remeh penyakit yang satu ini, ya! Sebab, demi mengobati Psoriasis, Anda diharuskan menjalani perawatan jangka panjang.

(Baca: Rambut Indah Bebas Ketombe)

3.  Kurap

Selain menyerang kulit tubuh, kurap juga ternyata dapat mendera kulit kepala. Kurap pada kulit kepala umumnya ditandai dengan munculnya bercak putih berbentuk lingkaran, kulit kepala yang bersisik, timbulnya ruam berwarna merah, serta rambut yang perlahan menipis. Meskipun kurap pada kulit kepala umumnya diderita oleh anak-anak berusia 3 -- 7 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan jika orang dewasa juga akan mengalaminya.

Bagaimana kurap bisa terjadi pada kulit kepala? Kurap, yang pada dasarnya merupakan penyakit menular, dapat menyerang kulit kepala jika Anda melalukan kontak langsung dengan penderita kurap melalui penggunaan topi, handuk, dan sisir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x