Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

5 Langkah Menyiapkan Kelas Online Menyambut Tahun Ajaran Baru

5 Juli 2020   08:27 Diperbarui: 7 Juli 2020   10:56 851 27 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Langkah Menyiapkan Kelas Online Menyambut Tahun Ajaran Baru
Kelas online membutuhkan lebih banyak pekerjaan, lebih banyak perhatian, dan lebih banyak komitmen (ilustrasi: mymcmedia.org)

Menyambut Tahun Ajaran Baru, Sudah Siapkah Kelas Online Kita?

Tidak terasa sebentar lagi anak-anak akan mengawali tahun ajaran baru 2020/2021. Biasanya, tahun ajaran baru akan disambut dengan gembira oleh anak-anak setelah hampir satu bulan mereka libur sekolah. Namun, tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pandemi Covid-19 masih merajalela. Pemerintah belum berani membuka sekolah seperti biasa. Beberapa sekolah di daerah zona hijau mungkin diijinkan untuk membuka sekolah, dengan catatan protokol kesehatan wajib ditegakkan dan jam sekolah dikurangi atau dilakukan bergantian.

Meskipun beberapa pihak menyarankan agar pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggeser tahun ajaran baru agar dimulai di bulan Januari 2021, namun pemerintah bersikukuh untuk tetap mengawalinya di pertengahan bulan Juli seperti biasa. Konsekuensinya, pembelajaran masih akan dilakukan secara online.

Harus diakui, sistem pendidikan dan masyarakat kita belum siap sepenuhnya untuk mulai beradaptasi dengan pembelajaran online. Salah satu alasan utamanya adalah kesenjangan digital di negara kita begitu lebar, berbanding lurus dengan kesenjangan ekonomi masyarakat.

Kesenjangan digital tidak hanya berkutat pada infrastruktur digital saja. Baik guru maupun siswa juga memiliki kesenjangan dalam hal literasi digital mereka. 

Tidak semua guru dan siswa mampu mengoperasikan dengan baik berbagai perangkat digital dan perangkat lunak yang dipakai dalam pembelajaran online.

5 Langkah Menyiapkan Kelas Online

Belajar dari pengalaman dan hasil pembelajaran online yang baru pertama kali kita rasakan sejak Januari hingga pertengahan Juni kemarin, tidak ada salahnya jika kita mengevaluasinya kembali. 

Apa yang kurang, dan apa yang perlu segera dibenahi agar pembelajaran jarak jauh ini tetap bisa mengakomodir kebutuhan siswa terhadap materi pelajaran.

Supaya pembelajaran online di tahun ajaran baru 2020/2021 nanti tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti sebelumnya, berikut 5 langkah untuk mempersiapkannya.

1. Mempersiapkan Kelas Online

Sama seperti ruang kelas tradisional, guru dan siswa juga harus mempersiapkan ruang kelas virtual sebelum mereka melakukan pembelajaran. Persiapan kelas online untuk kelas dasar berbeda dengan kelas menengah ke atas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN