Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Di Manakah Menkes Terawan Saat Ini Berada?

3 April 2020   23:43 Diperbarui: 3 April 2020   23:50 2472 20 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Manakah Menkes Terawan Saat Ini Berada?
Menkes Terawan memakai masker saat mendampingi Menhan Prabowo (dok. TNI AU melalui kumparan.com)

Sejak Indonesia positif corona, ada satu pejabat publik yang perlahan menghilang. Beliau adalah Menteri Kesehatan dr. Terawan. Padahal, sebelum virus corona masuk ke wilayah Indonesia, Menkes Terawan termasuk salah satu pejabat yang paling sering memberi pernyataan positif, bahwa Indonesia masih nihil kasus corona.

Menteri Kesehatan Terawan terakhir kali tampil di publik saat menerima bantuan alat kesehatan dari Sinar Mas dan Indonesian Chamber of Commerce in China (Inacham) di Jakarta, Sabtu (28/3/2020). Bantuan alat kesehatan tersebut berupa berupa masker N95, surgical masker, dan disinfectan wipes.

Lima hari sebelumnya, Menkes Terawan turut mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menerima alat kesehatan dari China di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020). Saat itu, Menkes Terawan yang terlihat mengenakan masker tidak menyampaikan pernyataan apapun ke media.

Itu lah saat terakhir publik mengetahui keberadaan Menkes Terawan. Setelah itu, praktis pak Menkes jarang, atau boleh dikatakan tidak pernah muncul di depan umum dan tidak pernah diberitakan media.

Padahal di saat pandemi Covid-19 ini, Menkes Terawan memegang peranan vital. Sebagai orang pertama di jajaran otoritas kesehatan negeri ini, Menkes Terawan diharapkan bisa tampil dan memberi pernyataan yang menenangkan. Sebagaimana yang pernah beliau lakukan saat virus corona belum menyerang negara kita.

Tulisan ini boleh saja dianggap satir atau sarkas terhadap pak Menkes. Namun, jujur saja saya benar-benar mempertanyakan keberadaan pak Menkes. Tak ketinggalan banyak teman di grup WhatsApp juga bertanya-tanya hal yang sama: Di manakah Pak Menkes Terawan Sekarang?

Sebagai warga negara yang turut berpartisipasi membayar gaji para abdi negara seperti pak Menkes, wajar kan apabila saya dan mungkin pula banyak orang menanyakan hal tersebut? Sebagai abdi negara, pak Menkes dituntut loyalitas dan profesionalitasnya.

Apalagi mengingat jabatannya sebagai Menteri Kesehatan. Di tengah kekacauan informasi, masyarakat butuh panduan yang jelas. Dan salah satu sumber terpercaya dalam hal kesehatan sudah tentu ada di tangan beliau.

Pemerintah memang sudah memiliki juru bicara Covid-19 yang oleh banyak orang dikritik bagaikan pembawa acara perolehan medali Sea Games. Presiden Jokowi juga sudah menunjuk Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Meski begitu, bukan berarti pemerintah dan masyarakat menepikan apalagi menafikan keberadaan Menteri Kesehatan.  Peranan beliau tetap signifikan, yah setidaknya dalam rangka menyampaikan pesan-pesan positif yang bisa menjadi obat penawar kecemasan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN