Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Panduan Mengunakan Google Classroom untuk Sistem Belajar Online

17 Maret 2020   21:26 Diperbarui: 16 Juni 2021   12:10 31011 12 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Panduan Mengunakan Google Classroom untuk Sistem Belajar Online
Belajar online secara interaktif dengan Google Classroom (gambar diolah dari Canva)

Demi mencegah penyebaran wabah corona covid-19, pemerintah memutuskan untuk meliburkan sekolah. Meski begitu, bukan berarti para siswa boleh bermain dan rekreasi di luar di saat pandemi covid 19

Agar semangat belajar mereka tak padam, para guru diminta untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh (e-learning), salah astunya menggunakan Google G-Suite, yang di dalamnya terdapat Google Classroom.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mendukung kebijakan pemerintah dengan merekomendasikan 8 platform pembelajaran online, yakni Rumah Belajar, Google G Suite for Education, Kelas Pintar, Microsoft Office 365, Quipper School, Sekolah Online Ruang Guru Gratis, Gratis belajar online Sekolahmu, Zenius.

Dari delapan platform yang direkomendasikan tersebut, Google G-Suite for Education bisa menjadi media yang tepat untuk proses belajar mengajar secara online. Bukan berarti platform yang lain tidak bagus, namun sepenilaian saya pribadi, Google G-Suite, yang di dalamnya terdapat Google Classroom bisa digunakan untuk belajar online secara interaktif.

Baca juga : Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi

Sekilas tentang Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi gratis yang disediakan Google untuk membantu para guru atau tenaga pendidik lainnya dalam proses belajar mengajar. Proyek Google Classroom mulai diumumkan secara resmi pada 6 Mei 2014, sebagai bagian dari program G-Suite for Education. Pada Januari 2015, Google meluncurkan Google Classroom dalam versi aplikasi seluler.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Sebagai bagian integral dari G Suite, aplikasi ini mengikat Google Drive, Google Docs, Google Sheets and Slides, dan Gmail secara bersama-sama untuk mendukung proses pembelajaran yang dilakukan.

Untuk bisa menggunakan Google Classroom, guru dan siswa harus punya akun Google agar bisa terhubung. Setelah masuk menggunakan akun Google, kita bisa membuat kelas, atau bergabung dengan kelas yang sudah dibuat oleh pengguna lain (dalam hal ini adalah guru yang menggunakan Google Classroom).

Baca juga : Merdeka Belajar Memudahkan Guru dalam Memberi Materi Pelajaran

Panduan Menggunakan Google Classroom

Berikut cara menggunakan Google Classroom untuk Belajar Online:

Membuat Kelas Pembelajaran

1. Buka alamat : https://classroom.google.com dan login dengan user dan password akun Google pribadi atau akun Google Suite For Education dari Institusi pendidikan/lembaga/sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN