Mohon tunggu...
Primasti Alya Andriastuti
Primasti Alya Andriastuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Always be grateful and stay amazing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI: PLS Tetap Seru Meskipun Daring

29 Juli 2021   12:56 Diperbarui: 29 Juli 2021   13:46 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI: PLS Tetap Seru Meskipun Daring
Sumber: Dokpri 

Adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia, membuat segala aktivitas masyarakat terganggu. Dalam menyikapi hal tersebut, pemerintah mengambil langkah untuk membuat peraturan dengan mengalihkan kegiatan-kegiatan tersebut secara daring, mulai dari Work From Home (WFH) hingga Study From Home (SFH). Dengan beralihnya seluruh aspek kegiatan menjadi daring diharapkan dapat membantu menekan laju penularan virus Covid-19. Salah satu kegiatan yang terpaksa dialihkan secara daring adalah MPLS.

Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022 sekolah diwajibkan untuk mengadakan kegiatan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh seluruh sekolah menengah untuk membantu peserta didik beradaptasi dalam memasuki lingkungan sekolah yang baru.

Pada Jum'at (23/07/2021) merupakan hari kedua kegiatan MPLS di SMAN 16 Bandung. Terdapat enam materi yang diberikan oleh pihak sekolah kepada para peserta didik baru. Keenam konten tersebut adalah: Sekolah Ramah Anak, Sadar Hukum, Budaya Hidup Bersih dan Sehat dan Protokol Kesehatan, Pendidikan Anti Korupsi, Narkoba, dan Tertib Bermasyarakat, Penguatan Pendidikan Karakter (Remaja Berkarakter: Religius, Sehat, Cerdas, Produktif), dan yang terakhir adalah mengenai Tata Tertib Sekolah.

Sumber: Dokpri 
Sumber: Dokpri 

Meskipun keenamnya memiliki judul materi yang berbeda, tetapi keenamnya mempunyai tujuan sama, yaitu untuk menumbuhkan perilaku positif sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, mengetahui hak dan kewajiban serta tanggung jawabnya sebagai bagian dari warga satuan pendidikan, dan memahami tata tertib sekolah.

Disela-sela pematerian, OSIS SMAN 16 Bandung selaku panitia MPLS turut menyuguhkan berbagai games menarik dan asyik untuk menghilangkan rasa penat dan jenuh para peserta didik selama pematerian.

Kegiatan MPLS ini diikuti oleh ....... peserta didik baru yang tidak hanya berdomisili di Bandung, namun juga dari kota-kota seperti Tasikmalaya dan ....

Hari kedua kegiatan MPLS di SMAN 16 Bandung tersebut ditutup dengan cerita kesan dan pesan peserta didik baru selama menjalani MPLS.

"Pemateriannya sangat bermanfaat, tadi juga gamesnya seru-seru. Semangat terus panitia!" ujar salah satu peserta didik ketika menceritakan kesan dan pesannya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN