Mohon tunggu...
Prianindio Muhammad Izmail
Prianindio Muhammad Izmail Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Diponegoro

FPIK | Teknologi Hasil Perikanan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Waspadai Covid-19, Mahasiswa Undip Ingatkan Warga Kelurahan Ciganjur dengan 3M

15 Februari 2021   14:32 Diperbarui: 15 Februari 2021   14:46 47 2 0 Mohon Tunggu...


Ciganjur, DKI Jakarta (08/02/2021) – Penanganan pandemi Covid-19 di Ibukota belakangan ini semakin meningkat dan belum ada tanda-tanda penurunan menurut data Kemenkes RI, Berdasarkan data dari website covid19.go.id bahwa kasus positif Covid-19 per 6 Februari 2021 di Indonesia sudah di angka 1.134.854 kasus dengan kasus tertinggi pada 30 Januari dengan kasus positif sebanyak 14.518. Satuan Petugas Kesehatan di DKI Jakarta mencatat data kasus positif Covid-19 pada hari Jumat, 5 Februari 2021 di Kelurahan Ciganjur sebanyak 982 orang, 23 pasien dirawat, 11 orang meninggal dunia dan 101 mengisolasi mandiri. Walaupun telah diberlakukannya aturan baru PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) namun angka kasus positif di daerah Kelurahan Ciganjur tidak kunjung menurun. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19 di Kelurahan Ciganjur RW. 01/RT. 05.

dokpri
dokpri
Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan terhadap beberapa warga RT. 05/RW. 01 Kelurahan Ciganjur bahwa sebanyak 60% mengalami dampak dari pandemi Covid-19 pada lingkup pekerjaan. Akibat pandemi yang masih terjadi saat ini, warga jarang keluar rumah walaupun beberapa masih sering keluar untuk pergi bekerja, belanja untuk kebutuhan rumah maupun membeli makanan. Warga saat di luar rumah masih terdapat sebagian kecil belum menggunakan masker. Hal ini diperlukannya media untuk mengingatkan warga sekitar untuk tetap melaksanakan protokol Kesehatan yang telah ditetapkan Kemenkes RI yaitu 3M (Menggunakan masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak).

dokpri
dokpri
Media yang digunakan dalam mengingatkan protokol kesehatan berupa spanduk dan melalui platform digital seperti media sosial Instagram. Dalam rangka mengingatkan warga RT. 05/RW. 01 Kelurahan Ciganjur tanpa melakukan kontak langsung diperlukannya media cetak berupa spanduk yang berisikan informasi untuk menerapkan protokol kesehatan seperti 3M (Menggunakan masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak). Pemasangan spanduk dilakukan bersama anggota KKN Tim 1 lainnya. Lokasi pemasangan spanduk berada di sepanjang jalan Benda 1 dan Jalan Benda 2. Selain di wilayah RT, spanduk juga terpasang di depan kantor sekretariat RW. 01 Kelurahan Ciganjur. Pemasangan spanduk dalam rangka mengingatkan
warga sekitar diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dalam mematuhi protokol kesehatan.

dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x