Mohon tunggu...
Priambodo Wibowo
Priambodo Wibowo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Elektro Undip

Mahasiswa Teknik Elektro Undip

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Undip Membagikan Tips dan Trik Hemat Energi Listrik di Desa Tegalsari

3 Agustus 2021   10:58 Diperbarui: 3 Agustus 2021   12:57 29 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
 Mahasiswa Undip Membagikan Tips dan Trik Hemat Energi Listrik di Desa Tegalsari
Sumber: Dokpri

Tegalsari, Garung, Wonosobo, (27/7/2021) -- Ada banyak kasus lonjakan tarif listrik selama pandemi Covid -- 19 yang telah viral di media masa awal tahun ini. Dikutip dari Kompas.com, bahwa PLN selaku perusahaan pengelola listrik nasional mengutarakan alasan dibalik melonjaknya tarif listrik yaitu adanya peningkatan jumlah konsumsi daya listrik oleh pelanggan. 

PLN menampis tudingan bahwa penyebab lonjakan tarif listrik pelanggan diakibatkan adanya kenaikan biaya listrik per kWh. PLN menjelaskan bahwa adanya kenaikan listrik di bulan Juli kemungkinan besar disebabkan adanya komponen biaya tambahan yaitu cicilan kenaikan besaran tarif listrik pada rekening bulan Juni. 

Pelanggan yang mengalami kenaikan tagihan tarif listrik lebih dari 20 persen dapat mencicil 60 persen besaran kenaikan selama 3 bulan ke depan, yaitu bulan Juli, Agustus, dan September. Agar tidak terjadi kenaikan besaran tarif listrik, Priambodo Wibowo sebagai mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2021 membagikan tips dan trik  hemat energi listrik kepada perwakilan ibu -- ibu PKK.

Program sosialisasi hemat energi listrik ini dilakukan melalui bantuan media poster dan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid -- 19. Bertempat di rumah Ketua PPK Dusun Pringapus, pelaksanaan sosialisasi ini tidak banyak memakan waktu dan dilakukan dengan singkat serta efisien. 

Materi yang disampaikan berupa pentingnya memilih lampu hemat energi serta mematikan lampu yang tidak terpakai pada waktu tertentu. Ditambah pula dengan pemilihan perangkat elektronik yang ramah lingkungan.

Sumber: Dokpri
Sumber: Dokpri

"Materinya bagus mas, kami baru sadar bahwa pemilihan lampu dapat berdampak banyak kepada penghematan tarif listrik" Ujar Saroh, salah satu peserta sosialisasi.

"Semoga kedepan informasi ini bisa disampaikan ke masyarakat yang lebih luas, khususnya masyarakat Desa Tegalsari agar bisa memahami pentingnya berhemat listrik" saran dari Ibu Indah.

Dengan adanya sosialisasi hemat energi listrik ini, diharapkan peserta dapat mempraktikkan dan membiasakan diri untuk hemar energi listrik serta membagikan informasi ini kepada warga yang lain. Karena dengan menghemat penggunaan energi, tidak hanya pengeluaran listrik bulanan yang turun, namun kita juga bisa berpartisipasi dalam upaya menjaga kelestarian alam.

Penulis: Priambodo Wibowo -- Fakultas Teknik -- Teknik Elektro

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN