Mohon tunggu...
Prayitno Ramelan
Prayitno Ramelan Mohon Tunggu... Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT

Pray, sejak 2002 menjadi purnawirawan, mulai Sept. 2008 menulis di Kompasiana, "Old Soldier Never Die, they just fade away".. Pada usia senja, terus menyumbangkan pemikiran yang sedikit diketahuinya Sumbangan ini kecil artinya dibandingkan mereka-mereka yang jauh lebih ahli. Yang penting, karya ini keluar dari hati yang bersih, jauh dari kekotoran sbg Indy blogger. Mencintai negara dengan segenap jiwa raga. Tulisannya "Intelijen Bertawaf" telah diterbitkan Kompas Grasindo menjadi buku. Website lainnya: www.ramalanintelijen.net

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Happy Birthday Pak Jokowi, God Bless You

21 Juni 2021   17:43 Diperbarui: 21 Juni 2021   17:58 303 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Happy Birthday Pak Jokowi, God Bless You
Presiden Jokowi hadiri acara Hut IAP ke 50 secara virtual (sumber via kompas.com)

Hari ini Presiden jokowi berulang tahun yang ke-60. Rasanya selain mengucapkan selamat, penulis perlu menulis sedikit tentang sosok pria sederhana ini yang mendapat takdir jadi presiden, yang menurut Gus Mus, kita tahu takdir aoabila sudah kejadian.

Ir. H. Joko Widodo atau lebih suka dan popular dipanggil Jokowi, dilahirkan di Surakarta, Jawa Tengah, tanggal 21 Juni 1961 (hari ini berumur 60 tahun) adalah Presiden Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014, terpilih dalam Pemilu Presiden 2014. 

Jokowi menjadi Presiden Indonesia pertama sepanjang sejarah yang bukan berasal dari latar belakang elite politik atau militer Indonesia. Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dan kembali terpilih menjadi presiden bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada periode kedua dalam Pemilu Presiden 2019 

Jokowi pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 mennang dalam pilkada didampingi Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakil gubernur. 

Sebelumnya, ia adalah Wali Kota Surakarta (Solo), sejak 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012 didampingi F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil wali kota. Dua tahun menjalani periode keduanya menjadi Wali Kota Solo, Jokowi diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), dalam pilkada DKI Jakarta. 

Sosok Jokowi dari Persepsi Intelijen 

Bila melihat sosok seseorang tokoh besar dari persepsi intelijen, pisau bedah yang digunakan adalah komponen intelijen strategis, yaitu ; Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Milhan, Biografi, Demografi, dan Sejarah. 

Dari komponen biografi, hari kelahiran jokowi (weton) dalam kalender Jawa adalah Rabu Pon. Berdasarkan Kitab Primbon, Betaljemur Adammakna, mereka yang lahirnya Rabo Pon memiliki pikiran yang kuat, pekerja keras, disiplin, dan bertanggung jawab pada tugas. 

Dari siklus waktu kelahirannya, Jokowi lahir pada Wuku Sungsang. Dewa yang menaungi wuku Sungsang adalah Batara Gana.

Wuku Sungsa menggambarkan seorang pekerja keras, mau berkorban tanpa pamrih, dan lancar rezekinya.

Dari komponen politik ,Jokowi berpegang pada Ideologi Pancasila, seorang Nasionalis, tokoh asli dari suku Jawa, Muslim dengan karakter kepemimpinan yang kental budaya Jawa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN