Emanuel Pratomo
Emanuel Pratomo Meneropong

twitter: @prattemm88 mail: prattemm@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

"Yuk ke Cibinong, Kepo-in CCM!"

31 Mei 2018   23:59 Diperbarui: 1 Juni 2018   00:24 814 1 0
"Yuk ke Cibinong, Kepo-in CCM!"
Foto: Prattemm

Wilayah DKI Jakarta yang telah penuh sesak oleh pusat perbelanjaan sekelas mal, mengakibatkan adanya kebijakan moratorium pembangunan mal di ibukota. Maka kemudian menjamur pembangunan mal-mal baru di wilayah pinggiran dan penyangga Jakarta. 

Kabupaten Bogor yang merupakan salah satu wilayah penyangga DKI Jakarta ini, terus juga berbenah dimana pusat aktivitas pemerintahan menempati wilayah Cibinong. Kalau melihat masterplan Pemkab Bogor, Cibinong bakalan dijadikan sebagai kota mandiri. Tak hanya sebagai hunian dan sentra bisnis, namun juga dilengkapi sarana olahraga terbesar di Jawa Barat yaitu Stadion Pakansari. 

Salah satu lokasi strategis di Jalan Raya Bogor dan Jalan Tegar Beriman yang mengarah ke Stadion Pakansari, telah berdiri superblok yang berisikan pusat perbelanjaan, hotel, apartemen. Kompleks bisnis bernama Cibinong Office Park yang dikembangkan oleh PT Puri Wahid Pratama ini, membidik potensi pasar bisnis ritel di wilayah yang berpopulasi 3,4 juta jiwa dan sekitar 2.500 sentra industri (data tahun 2013).

Salah satu potensi tersebut dengan berdirinya Cibinong City Mall di area lahan superblok sejak tahun 2013. Wah jadi kepo, seperti apa sih dari pusat perbelanjaan yang bernama Cibinong City Mall tersebut. CCM merupakan panggilan akrab dari Cibinong City Mall, lalu kita bisa ngapain saja disana?

Stasiun KA Cibinong (Foto:Prattemm)
Stasiun KA Cibinong (Foto:Prattemm)
Nah kebetulan pada 25 Mei 2018 lalu, berkesempatan ngepoin CCM. Kebetulannya lagi sekalian ingin menjajal rute KRL Commuterline Duri/Angke - Depok - Cibinong - Gunung Putri - Nambo.  Dibandingkan setahun dua tahun lalu, kini jam keberangkatan rute KRL ke Nambo telah mengalami penambahan, baik rute Duri/Angke - Nambo pp maupun Depok - Nambo pp.

Namun tetap masih dapat dibilang terbatas jumlah perjalanannya. Jadi harus dapat memperhitungkan waktu perjalanan menuju Stasiun Cibinong, baik saat datang maupun pulang dari CCM.

Lama perjalanan dari Stasiun Depok (Lama) menuju Stasiun Cibinong sekitar setengah jam lebih sedikit. Bagi yang ingin naik angkutan perkotaan (angkot) menuju CCM, dapat berjalan kaki terlebih dahulu kurang lebih 150 meter ke arah jalan besar yakni Jalan Raya Bogor. Baru kemudian naik angkot atau bus kota, yang lama perjalanannya kurang dari 10 menit saja. Bagi yang ingin efisiensi waktu, dapat langsung menggunakan jasa ojek pengkolan, maupun ojek dan taksi online untuk ke CCM.

Bagi warga di luar Kabupaten Bogor yang menggunakan kendaraan pribadi maupun moda transportasi online, juga akan lebih mudah mengakses lokasi CCM lho. Akan ada akses tembus jalan tol dari Jagorawi, akses tembusan menuju Parung & BSD, serta Antasari menuju ke Jalan Tegar Beriman.

Foto: Prattemm
Foto: Prattemm
Foto: Prattemm
Foto: Prattemm
CCM yang memiliki luas bangunan 90 ribu m2 ini, berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar. Sementara luas lahan superblok mencapai 22 hektar. Desain futuristik CCM diarsiteki Piter Gan, yang telah dikenal dengan desain beberapa hotel & resort di Bali serta Sriwijaya Square di Palembang.

Foto: Prattemm
Foto: Prattemm
Foto: Prattemm
Foto: Prattemm
Mal modern tanpa hiburan film tentu tak afdol rasanya. CCM pun menghadirkan Cinema XXI dengan 8 studio. Kemudian hiburan bagi anak-anak juga tersedia dengan berbagai pilihan arena bermain, seperti Kidzooona, Fun World, FunBrick.

Cinema XXI (Foto: Prattemm)
Cinema XXI (Foto: Prattemm)
Kidzooona (Foto: Prattemm)
Kidzooona (Foto: Prattemm)
Arena Kidzooona ini cukup menarik bagi tumbuh kembang anak. Ada alat permainan yang dirancang menggunakan tubuh, sehingga anak-anak bisa mengenal secara dini 36 gerakan dasar dini. Namun juga dapat meningkatkan motivasi, kreativitas, kemampuan berkomunikasi, serta memahami peraturan.  

Informa & ACE (Foto: Prattemm)
Informa & ACE (Foto: Prattemm)
Story (Foto: Prattemm)
Story (Foto: Prattemm)
Di CCM pun tersedia berbagai kebutuhan dekor rumah tangga, yang dihadirkan berbagai tenant terkemuka seperti ACE, Informa, House of Zakka. Sementara kebutuhan perangkat elektronik dan digital, dapat ditemui di Electronic Solution, Pazia, Story, Wellcomm Shop, Simura. 

Sementara masih ada beberapa ritel lain yang menyediakan berbagai multi produk seperti Carrefour, Matahari. Berbagai kebutuhan lainnya perawatan tubuh (Salon Christopher, Johnny Andrean, The Body Shop), kebugaran tubuh (Celebrity Fitmess, Bruce Lee Fitness), kacamata (Optik Seis, Melawai, Tunggal, Ooppa, Grand Arthomoro), serta berbagai gerai aksesoris fesyen terkemuka. 

Tak nikmat rasanya jika sudah mengelilingi CCM, tak mencoba aneka kuliner tradisional dan internasional. Semuanya ada disini, seperti Milano Pizzaria, Pastel Ma'Cik, Cireng Keraton, Bebek Dower, CFC, Chatime, Breadtalk, J.Co Donuts & Cafe, Solaria, Tako Suki, Tous Les Jours, dan lainnya persis seperti di mal-mal besar Jakarta. 

Teras Bogor (Foto: Prattemm)
Teras Bogor (Foto: Prattemm)
Masih ada produk kuliner UMKM unik khas Bogor yang tersedia di gerai Teras Bogor. Selain itu tersedia produk souvenir UKM yang berada di Bogor. Jadi tak perlu jauh-jauh mencari produk khas UMKM di Bogor. 

Pemenuhan kebutuhan gaya hidup yang dapat terpenuhi bagi masyarakat sekitar Cibinong, ini merupakan upaya 'jemput bola' dari CCM. Masyarakat tak perlu jauh-jauh menuju ke pusat kota Bogor maupun ke tengah kota Jakarta, untuk memenuhi kebutuhan hidup sekaligus menikmati gaya hidup kekinian.

Bagi warga luar Cibinong dan Kabupaten Bogor, CCM pun dapat menjadi alternatif keluarga menikmati kebersamaan serasa mal-mal besar di kota besar semacam di Jakarta.

"Yuk Ke Cibinong, Kepo-in CCM!"