Mohon tunggu...
Emanuel Pratomo
Emanuel Pratomo Mohon Tunggu... Freelancer - .....

........

Selanjutnya

Tutup

Tekno

GIIAS 2015: Alphard Hybrid Sang Bintang Paling Terang yang Ramah Lingkungan, Menjadi Cahaya Paling Terang Bagi Sang Pemilik

24 Agustus 2015   00:27 Diperbarui: 26 Agustus 2015   10:39 185 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Alphard adalah nama bintang paling terang di konstelasi Hydra, sekitar 177 tahun cahaya jaraknya dari bumi. Selain karena massanya paling besar sekitar 3x lebih besar dari matahari kita, tidak ada bintang lain yang berada di dekatnya. Dalam satu jurnal ilmiah mengenai bintang, Calendarium of Al Achsasi Al Mouakket ia diberi julukan Soheil al Fard yang dalam bahasa Latin diterjemahkan menjadi Soheil Solitarius, yang memiliki arti "Bintang Penyendiri yang paling terang". Astronom Eropa menyebutnya sebagai Cor Hydrae, atau "The Heart of the Snake". Itu sebabnya Toyota menggunakan logo berbentuk ular pada grille dan bukan logo Toyota. Diharapkan bahwa Alphard bisa menjadi cahaya paling terang untuk sang pemilik. Sementara Vellfire berasal dari gabungan nama "Velvet" dan "Fire". Hal ini menunjukan desain dari Vellfire yang lebih berani , dinamis serta passionate. 

Toyota Alphard merupakan MPV Premium dengan desain yang mewah serta interior yang nyaman. Tahun 2005 Alphard mengalami refreshment dengan beberapa ubahan antara lain lampu belakang serta penggantian velg untuk 16" dan 17". Pada tahun 2008 generasi kedua Alphard  menawarkan mesin 3500cc dengan performa lebih dan desain lebih mewah dan kenyamanan bagai Kereta Kencana. Pada 12 Mei 2008 Toyota Jepang menghadirkan Toyota Vellfire untuk konsumen yang menginginkan Alphard dengan tampilan yang lebih 'sporty' dibalut dengan kemewahan.

Akhir Maret 2015 lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan secara resmi generasi ketiga Alphard dan generasi kedua Vellfire. Pada generasi ini mesin 2400cc diganti dengan mesin baru 2500cc yang menghasilkan tenaga lebih besar namun efisiensi yang tidak kalah baiknya. Untuk melengkapi line-up keluarga Alphard, PT TAM  hadirkan New Alphard Hybrid pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)2015 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD-City Tangerang Selatan.    

Sejak 2007 PT TAM telah membawa teknologi hybrid yang ramah lingkungan pada Toyota Prius untuk pertama kalinya. Sementara Toyota Camry Hybrid sejak 2012 hingga Juli 2015 mampu mengukuhkan sebagai sedan hybrid terlaris di tanah air dengan total penjualan 1036 unit. Dalam GIIAS 2015 New Alphard Hybrid selain ramah lingkungan juga menjanjikan kemewahan dan kenyamanan yang sama dengan varian yang sudah ada. 

Dalam Media Gathering PT TAM dengan tema New Alphard Hybrid di GIIAS 2015 pada 22 Agustus 2015 lalu, Rahmat Samulo (Direktur Marketing PT TAM) mengatakan bahwa "Kehadiran New Alphard Hybrid ini adalah wujud komitmen Toyota untuk masa depan yang lebih baik dengan menghadirkan  kendaraan ramah lingkungan sesuai permintaan pelanggan kelas premium".

Teknologi hybrid menggabungkan motor listrik dengan mesin bensin untuk membuat satu kendaraan paling efisien di dunia. Sama seperti Alphard 2.5 G, varian hybrid ini juga menggunakan mesin 2AR-FXE, namun mendapat tambahan dua motor listrik yang ditempatkan di bagian depan dan belakang kendaraan. Secara otomatis sistem hybrid akan mengalihkan tenaga penggerak listrik dari mesin ke motor listrik sejalan dengan kecepatan kendaraan. Motor listrik akan mengambil alih tenaga pengggerak ketika mobil berjalan lambat, dan kemudian sistem akan mengalihkan ke mesin berbahan bakar saat membutuhksn tenaga yang lebih besar atau kecepatan tinggi.

Konsep desain eksterior versi hybrid dibekali tampilan yang berbeda dengan tambahan front lip spoiler, side skirt dan rear spoiler yang menawan. Secara fitur Alphard Hybrid serupa dengan varian 2.5 G. Untuk interior mendapat ubahan yang maksimal dalam memberikan kenyamanan dengan konsep yang diusung adalah Avant Craftmanship, mengedapankan kenyamanan kelas wahid serta fitur -fitur terdepan. Teknologi Hybrid Synergy Drive menghadirkan performa dan efiensi bahan bakar dengan mesin 2AR-FXE berkapasitas 2500cc. Drivetrain E-Four untuk membantu hadirkan traksi lebih baik serta membantu saat kondisi jalan menanjak. 

 

Keterangan: semua foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

 

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan