Mohon tunggu...
Pratama aditia
Pratama aditia Mohon Tunggu... Mahasiswa UAY

Bissmillah

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Tips Dasar dan Penjelasan Fitur yang Ada di Adobe Photoshop

15 April 2021   19:42 Diperbarui: 15 April 2021   19:45 164 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Dasar dan Penjelasan Fitur yang Ada di Adobe Photoshop
tangkapan layar

Ibarat Pribahasa Tak kenal maka tak sayang, Nama saya adalah Pratama Aditia temna teman bisa memanggil saya tama. Saat ini saya sedang kuliah di salah satu kampus swasta di Yogyakarta yaitu Universitas Amikom Yogyakarta semester 4. 

Pertama kali saya menggunakan photoshop pada tahun 2013 yang saat itu photoshop versi CS5, tujuan saya menggunakan photoshop memang untuk editing foto, waktu itu aplikasi editing foto belum sebanyak sekarang, yang paling terkenal ya photoshop, jadi saya belajar photoshop waktu kelas 1 SMP. 

Saya sendiri belajar photoshop dari Artikel online, waktu itu saya pake photoshop juga yang bikin tutorial masih sedikit, malah hampir tidak ada tutorial yang berbahasa Indonesia di youtube, kebanyakan baca artikel.

Tidak bisa menggunakan Software ini lebih mudah pake Illustrator, corel draw, dan Software lain. Sering terucap dari mulut para designer Profesional maupun pemula, karena mereka hanya menggunakan Software tersebut dalam menggunakan Design Grafis. 

Oleh karena itu saya akan membagikan tips tips dasar dan fungsi tools yang ada di photoshop.

Berikut adalah Penjelasan fitur dan tools dari saya :

1. Layer :  Sebuah lapisan yang berfungsi tempat kerja atau tempat objek dalam mengerjakan sebuah Design Grafis, dan juga bisa di Ibaratkan kanvas atau sebuah element yang ada di Software Photoshop yang di gunakan untuk menggabungkan antara gambar, effect, dan text

Letak layer : Layer sendiri memiliki modul atau tempat sendiri di sudut kanan bawah layar Software Photoshop, bila di setting secara default atau tersetting dari Awal setelah menginstall Software tersebut. Kita juga dapat mengakses atau menemukan layer di "Menu" Bar pada Software.

tangkapan layar
tangkapan layar
2. Equipment Warna & Swatch : Peralatan warna dan Swatch yang dimana kalian pasti menggunakan, mengatur warna, dan menyimpan banyak warna costume untuk design grafis yang kalian buat. Banyak sekali fitur fitur canggih dalam mengelolah warna.

Letak Warna (color) & Swatch : Memiliki modul sendiri yaitu terletak pada sudut kanan atas pada Software photoshop, bila di setting masih secara default.

tangkapan layar
tangkapan layar
Mengcostume warna sendiri : Buka Color Picker pada kotak bagian atas baik di modul warna atau di menu bar sebelah kiri dengan cara Double klik kiri pada Mouse. Disana kalian dapat melihat spektrum warna dengan slider diatasnya, yang dapat kalian sesuaikan dengan selera atau yang warna kalian butuhkan untuk memberi kesan atau menghidupkan objek kalian. Kalian juga dapat memilih contoh warna berdasarkan nilai RGB atau CMYK. Warna apa pun yang kalian buat dapat ditambahkan ke "Swatch" jika kalian mengarahkan cursor pada objek berwarna dan mengklik objek apapun maka otomatis warnanya akan berubah dengan warna yang sama dengan objek tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN