Mohon tunggu...
Prastiwo Anggoro
Prastiwo Anggoro Mohon Tunggu... SARJANA TEKNIK SIPIL

Seorang pemerhati lingkungan, budaya dan sumber daya manusia. Aktif di perkumpulan kepemudaan, Keinsinyuran, Lingkungan dan Pendidikan. Memberikan kontribusi melalui infiltrasi ke generasi muda dan berusaha menulis satu topik setiap minggu sekali.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Konferensi Internasional Bercita Rasa 4.0

5 Oktober 2019   07:13 Diperbarui: 5 Oktober 2019   08:12 77 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konferensi Internasional Bercita Rasa 4.0
Bersama peserta seminar sesi spesial 2/dokpri

International Conference Of Applied Engineering 2019

Perhelatan konferensi internasional mengenai keinsinyuran yg aplikatif telah selesai kamis lalu tanggal 3 oktober 2019. Diadakan oleh Politeknik Negeri Batam bekerja sama dgn beberapa stakeholder perguruan tinggi di luar negeri dan swasta di kota Batam. Melalui salah satu panitia, Ibu Hanifah Widiastuti, S.T., Ph.D . saya di dapuk menjadi pembicara yg di undang mewakilkan perusahaan PT CSK Insulation Engineering.


Pada awalnya saya berpikir, konferensi ini di tujukan untuk peneliti dan akademisi saja. Akan tetapi setelah melihat susunan acara, terdapat beberapa pembicara dari pihak perusahaan swasta, saya semakin termotivasi utk mengisi sebagai pembicara.


Mencari topik yg relevan dgn keinsinyuran yang aplikatif dan tema konferensi tersebut bukanlah hal yang mudah. Dengan mengusung tema "Toward Industry 4.0", bahan yg di sajikan di sesi konferensi seharusnya mempunyai korelasi dgn industry 4.0.

Mini research yg saya lakukan mendapati bahwa di industri 4.0, salah satu sektor yg masih bertahan adalah sektor konstruksi. Salah satu penyebab nya, adalah sebagaimana masif ny autonomous IOT berkembang, namun pembangunan fisik dari infrastruktur tetap di perlukan ini. Akan tetapi sektor konstruksi jg akan mengalmi perubahan dalam hal kecepatan produksi maupun biaya di karenakan material, alat kerja sampai ke project management methodology akan mengikuti linier fenomena industri 4.0

Sektor Konstruksi masih bertahan di Industri 4.0/dokpri
Sektor Konstruksi masih bertahan di Industri 4.0/dokpri


Mengambil "celah" analisa teknikal mengenai fenomena transformasi project management,  saya memulai dengan study case dari proyek yang pernah saya pimpin sebagai project manager. Proyek Fabrikasi dari Onshore Module untuk pengeboran LNG terminal di "remote area" Russia yang mempunyai skala kompleksitas mencapai angka 5 (Dinamika)


Bertemu Senior

Bersama Senior, Dr. Dody Suprayogi, M.Eng IPM/dokpri
Bersama Senior, Dr. Dody Suprayogi, M.Eng IPM/dokpri


Di sesi seminar, ternyata pembicara di sesi yg sama dgn saya adalah seorang senior di dunia konstruksi oil dan gas. Topik yang di bawa dalam presentasi mempunyai korelasi dgn topik yg saya presentasikan juga. Menjadi sebuah pengalaman yang menarik berduet dgn seorang insinyur senior secara praktisi dan akademis.

Beliau membawakan presentasi mengenai kecepatan dari mitigasi data-data "engineer" menggunakan IOT (internet of things) dalam sebuah proyek  fabrikasi Oil dan Gas antara stakeholder yang terlibat menjadi kunci untuk  keberhasilan proyek, 

sedangkan saya lebih menekan mengetahui prilaku "adaptif / Hybrid" terhadap management of change yang terjadi dalam proses fabrikasi proyek oleh semua stakeholder yang terlibat berkontribusi untuk mencapai proyek yang sukses dari kacamata Biaya, Waktu dan Kualitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x