Mohon tunggu...
Prastiwo Anggoro
Prastiwo Anggoro Mohon Tunggu... SARJANA TEKNIK SIPIL

Seorang pemerhati lingkungan, budaya dan sumber daya manusia. Aktif di perkumpulan kepemudaan, Keinsinyuran, Lingkungan dan Pendidikan. Memberikan kontribusi melalui infiltrasi ke generasi muda dan berusaha menulis satu topik setiap minggu sekali.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

"FreshMen of Green Generation"

1 September 2019   11:21 Diperbarui: 2 September 2019   11:38 83 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"FreshMen of Green Generation"
Briefing Session Sebelum Sesi Sosialisasi/Dokpri

Universitas International Batam bergelora, Para Volunter Bye bye Plastic Bag yang di komandani oleh Bunda Umamah bersiap untuk mengisi sesi sosialisasi bahaya penggunaan plastic bag ke mahasiswa mahasiswa baru angkatan 2019 UIB (atau di sebut "freshmen"  - Generation Z yang masih fresh, bersiap memasuki dunia kampus selama 4 tahun mendatang)

Kakak-kakak Volunteer terdiri dari Kak Diana, Kak Ellys, Kak Tria, Kak Sylviana, Kaka Melda, Kak Robby, Kak Lisa, Kak Hui im, Kak Endah, Kak Tuir, Kak Santi, Kak Roslaini, Kak Boban, Kak Wee Ann, Kak Frando, Kak Ajith, Kak Kitana serta Kak Nafi dan Kak Sabar. Khusus  2 nama terakhir yaitu kak Sabar, dan kak Nafi, adalah panitia dari acara tersebut.

Acara ini adalah puncak acara dari rentetan MOS Mahasiswa baru UIB. Acara di mulai dari jam enam pagi, dan tanpa ada embel-embel pakaian aneh-aneh seperti saat masa MOS  saya dulu waktu di kampus, dan dengan komposisi setiap regu yang tanpa membeda-bedakan RAS menjadi catatan positif bagi UIB sebagai pelopor kampus bertaraf international di kota batam.

Kembali ke acara sosialisasi bahaya penggunaan plastic bag dan plastik sekali pakai, para volunteer telah berkumpul di gedung B UIB sekitar jam 8.30 pagi. Seterus nya dgn short briefing oleh bunda Umamah, masing-masing volunteer di berikan arahan mengenai jalannya sosialisasi tersebut. Di plot sekitar 45 menit, berikut urutan sosialisasi :

1. General introduction ttg BBPB Dan penayangan  slide kegiatan BBPB Batam
2. Social sharing oleh Tim BBPB
A. Community engagement
B. Daily household Participant
C. Media involvement
3. Tanya jawab

Bunda Ummamah dan Kak Nisa di hadapan mahasiswa-mahasiswa/dokpri
Bunda Ummamah dan Kak Nisa di hadapan mahasiswa-mahasiswa/dokpri
Saya sendiri, di tugaskan untuk berkolaborasi dengan kak Tria menerangkan mengenai pelibatan media dalam kampanye bye bye plastic bags. Dihadapan hampir 1000 mahasiswa baru, bunda Umamah menerangkan mengenai organisasi BBPB, Sebuah organisasi sosial yang peduli tentang lingkungan di "trigger" di sebuah desa di bali oleh 2 anak muda yang inspiratif yang telah menyebar lebih dari 25 negara. (Link website di sini

Sebuah pencapaian yang menakjubkan, di tengah negara ini mengalami import plastik dan pencemaran lautan yang masiff. Di sinilah BBPB berperan memberikan kesadaran sosial akan dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh pencemaran terutama dari sampah plastik.

Di Batam sendiri, penggeraknya adalah bunda Umamah, dengan bantuan dari kakak-kakak volunteer, BBPB Chapter Batam membuka pembukaan anggota baru dari para "fresh men" melalui tag kegiatan di Instagram  (link di sini)

 

Sertifikat dari UIB kepada BBPB Batam sebagai pembicara di Welcoming UIB Freshmen Program/dokpri
Sertifikat dari UIB kepada BBPB Batam sebagai pembicara di Welcoming UIB Freshmen Program/dokpri

Di masing-masing sesi setelah sesi General Introduction, di isi oleh kak Sylviana, Kak Melda, Kak Diana, Kak Ellys dan Kak Tria.  Berbagi pengalaman dari masing Volunteer BBPB memberikan kesadaran akan arus perubahaan sosial untuk Green Generation Indonesia di masa depan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x