Mohon tunggu...
pra santiizdihar
pra santiizdihar Mohon Tunggu... Mahasiswa

S1-GIZI

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Bahasa Resmi Negara Indonesia

1 November 2020   08:35 Diperbarui: 1 November 2020   08:41 23 0 0 Mohon Tunggu...

Menurut KBBI, arti bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbirter, digunakan untuk suatu kelompok atau masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. Jadi, bahasa digunakan untuk seseorang berkomunikasi dan melakukan interaksi dengan orang lain. 

Terdapat banyak sekali jenis bahasa. Pengelompokkan bahasa-bahasa di dunia disebut rumpun bahasa. Bahasa Indonesia sendiri termasuk rumpun Ausronesia Barat. Bahasa Indonesia berasal dari Melayu yang dibuktikan pada saat zaman kerajaan Malaka dan Prasasti di Kerajaan Sriwijaya yang menggunakan Melayu.

 A. Sejarah Bahasa Indonesia

Seiring berjalannya waktu, Bahasa Indonesia mengalami perubahan dan perkembangan. Dimulai pada tahun 1901, pada tahun ini  diresmikannya ejaan bahasa resmi Melayu oleh Ch. A. Van Ophuijsen. 

Kemudian pada tanggal 28 Oktober 1928 yang merupakan peristiwa bersejarah yakni hari Sumpah Pemuda, pada saat itu pemuda yang terpilih memancangkan tonggak yang kukuh untuk perjalanan Bahasa Indonesia.  

Pada tanggal 25-28 Juni 1938, diberlangsungkan Kongres Bahasa Indonesia I bertepatan di Solo. Pada 18 Agustus 1945, merupakan persmian penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara. 

Setelah pelaksaan kongres Bahasa Indonesia I, berlanjutlah Kongres Bahasa Indonesia II di Medan pada 28-2 November 1954. Pada 6 Agustus 19u2, Presiden Soeharto meresmikan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang telah disempurnakan. 

B. Kedudukan, Peranan, dan Fungsi dari Bahasa Indonesia 

Bahasa  Indonesia memiliki kedudukan dan peran penting di Indonesia. Bahsa Indonesia sebagai bahasa Nasional yang berarti kedudukannya lebih tinggi dibanding bahasa daerah. Selain itu, kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara yang ditetapkan pada Hari Kemerdekaan. 

Bahasa Indonesia berperan penting dalam persatuan dan kesatuan bangsa. Contohnya dalam suatu lingkungan terdapat orang yang memiliki perbedaan suku dan bahasa, untuk menyatukan komunikasi dan melancarkan interaksi, mereka menggunakan bahasa Indonesia karena merupakan bahasa Nasionalnyang umum atau semua warga Indonesia pahami.

Dari kedudukannya, bahasa Indonesia memiliki fungsi masing-masing kedudukan. Sebagai bahasa Nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang identitas nasional, lambang kebanggaan negara, alat penghubung antarwarga negara Indonesia yang memiliki beragam bahasa daerah, dan ssbagai alat pemersatu bangsa yang memiliki perbedaan suku, ras, dan kebudayaannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x